ADVERTISEMENT
Rabu, 13 Mar 2019 14:05 WIB

Bukan Land Cruiser, Mobil Bupati Ciamis Tak Sampai Rp 1 Miliar

Dadang Hermansyah - detikOto
Ilustrasi Toyota Fortuner. Foto: M Luthfi Andhika Ilustrasi Toyota Fortuner. Foto: M Luthfi Andhika
Ciamis - Pemerintah Kabupaten Ciamis menganggarkan sekitar Rp 1,2 miliar untuk dua mobil dinas dari APBD 2019. Mobil tersebut untuk Bupati dan Wakil Bupati Ciamis terpilih. Saat ini, Bupati Ciamis Iing Syam Arifin menggunakan mobil jenis Mitsubishi Pajero Sport untuk menjalankan tugasnya.

"Pengadaan kendaraan mobil dinas, dua unit untuk Bupati dan wakil sebesar Rp 1,2 miliar," ujar Kasubag Perlengkapan Sekretariat Daerah Ciamis Rian Andriana saat ditemui di kantornya, Rabu (13/3/2019).

Rian menjelaskan, sesuai dengan anggaran itu, rencananya kendaraan yang akan dibeli jenis Toyota Fortuner VRZ, namun antara Bupati dengan Wakil berbeda tipe. Diperkirakan harganya sekitar Rp 600 juta per unit.



Menurutnya, pengadaan kendaraan tersebut batasannya adalah cc, sekitar 3.000 cc. Sedangkan soal harga sebetulnya tidak jadi batasan, karena banyak mobil yang harganya lebih mahal dengan kapasitas mesin tersebut.

"Sebetulnya kami mengusulkan tiga mobil, tapi yang disetujui hanya dua, sedangkan satu lagi untuk patwal tidak, jadi menggunakan yang ada. Memang ada efisiensi anggaran," katanya.

Menurut Rian, pertimbangan memilih mobil tersebut karena berjenis SUV, sehingga cocok digunakan di berbagai kondisi. Digunakan di perkotaan nyaman, masuk ke daerah juga tetap jalan karena mobil lebih tinggi.

"Tapi itu tergantung Bupati dan Wakil Bupati, inginnya mobil tipe seperti apa, tidak Fortuner juga, itu kebijakan beliau," jelas Rian.



Untuk pengadaannya sendiri, Pemkab Ciamis biasa melakukannya secara e-catalog dari lembaga kebijakan pengadaan barang dan jasa pemerintah (LKPP). Bukan lelang atau penunjukan langsung.

"Jadi pusat telah kontrak dengan dealernya langsung bisa Mitsubishi atau Toyota, kita hanya mengikuti, harga dan sebagainya sudah ada. Setelah itu ketika barangnya ready, seminggu juga beres. Memang lebih mudah dengan e-catalog," terangnya.

Diketahui, Bupati Ciamis Iing Syam Arifin saat ini mengunakan mobil dinas jenis Pajero Sport dengan pengadaan sekitar Rp 500 jutaan. Sebelum pengadaan, Bupati Ciamis terpilih nanti masih bisa menggunakan kendaraan dinas sebelumnya, termasuk kendaraan untuk wakil bupati.

Sebelumnya, Mobil dinas baru untuk Bupati Pandeglang Irna Narulita bikin heboh. Mobil yang dipilih bukan mobil sembarangan, mobil yang disebut Toyota sebagai mobil Rajanya Dunia, Land Cruiser yang harganya mencapai Rp 1,9 miliar. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com