Senin, 04 Mar 2019 12:58 WIB

Modal Nissan Terra Lawan Fortuner dan Pajero Sport

Ruly Kurniawan - detikOto
Nissan Terra Foto: dok. Nissan Nissan Terra Foto: dok. Nissan
Tangerang - Diperkenalkan pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 lalu, Nissan Terra disebut siap menantang Fortuner dan juga Pajero Sport. Selaku pemain baru di segmen SUV premium, mobil dari Nissan ini memberikan beberapa modal untuk bertarung.

Selain dari harga yang cenderung 'miring', Terra mengandalkan berbagai fitur di dalamnya. Sehingga, walaupun mobil besar kendaraan tersebut nyaman dan kece untuk digunakan harian.



"Terra adalah produk pertama Nissan untuk SUV premium, dan pemain baru. Jadi kita perlukan untuk konsumen belajar tentang hal-hal yang dimilikinya. Bila berbicara mobil harian, ini merupakan SUV sempurna untuk digunakan sehari-hari. Bukan hanya mobil yang digunakan offroad atau mendaki gunung," ujar Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi di Tangerang, Senin (4/3/2019).

"Ini adalah New Journey dengan Nissan," lanjut dia.

Terkait fitur, ada beberapa hal yang menjadi unggulannya. Sebut saja fitur-fitur seperti Lane Departure Warning, Blind Spot Warning, Intelligent around View Monitor with Moving Object Detection.

"Kita selalu mengusung Intelligent Mobility, tak terkecuali di Terra. Seperti Intelligent View Monitor with Moving Object Detection (layar belakang real time) yang memudahkan pengguna dalam melihat objek bergerak di belakang lebih luas. Jadi memudahkan untuk parkir dan sebagainya," kata Isao.



Bila membandingkan banderolan Terra, varian termurahnya dibanderol Rp 464 juta dimana sama dengan Pajero Sport. Harga tersebut lebih rendah daripada Fortuner yang dijual Rp 471,85 juta.

Di antara SUV 7-seater lainnya, harga Chevrolet Trailblazer merupakan yang paling murah. SUV merek Amerika itu dijual dengan harga mulai Rp 435 juta. Lain lagi dengan mu-X. mu-X paling murah dibanderol Rp 473 juta.

Namun memang prihal penjualan Terra hingga saat ini, Nissan tidak dapat mengatakannya. Tetapi, bila melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo November-Desember 772 unit. Model terlarisnya adalah tipe VL 2.5 AT 4x2.

Sedangkan, Pajero Sport yang memiliki varian lebih banyak, terjual 1.322 unit. Varian terlarisnya tipe 2.4L Dakar AT. Fortuner menjadi yang paling tinggi penjualannya, yakni 1.471 unit. Model terlarisnya adalah Fortuner VRZ 2.4 TRD AT diesel, yang menyumbang angka penjualan 734 unit.

Modal Nissan Terra Lawan Fortuner dan Pajero Sport
(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com