Rabu, 20 Feb 2019 11:49 WIB

Nissan Livina Ingin Diekspor seperti Xpander Juga?

Ruly Kurniawan - detikOto
Nissan Livina. Foto: Roby Setiawan Nissan Livina. Foto: Roby Setiawan
Jakarta - Baru diluncurkan, Nissan Motor Indonesia rupanya masih galau untuk melakukan ekspor Livina baru. Pada tahap pertama, perusahaan otomotif roda empat asal Jepang itu akan berfokus terlebih dahulu pada pasar dalam negeri.

"Indonesia merupakan pasar yang besar dan penting untuk kami. Di sini sangat kompetitif. Sehingga kami ingin fokus di pasar Indonesia dahulu. Kami ingin lihat seberapa positif Livina baru ini dapat diterima," kata Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi di Djakarta Theatre, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

"Jadi langkah pertama yang akan kita ambil adalah bagaimana cara meningkatkan permintaan atas Livina. Sebab mobil ini juga sudah dikenal beberapa tahun sebelumnya dan dicintai. Lalu kami ingin melihat kelanjutan aliansi dahulu termasuk strategi ke depannya," lanjut dia.



Namun bukan berarti Livina tidak akan melakukan debut ekspor seperti Xpander. Sebab mobil keluarga tujuh penumpang tersebut merupakan produk global.

"Kami tentu beri perhatian untuk lakukan ekspor. Tapi pertama kami akan fokus dahulu untuk memenuhi pasar dalam negeri. Memikirkan strategi bagaimana memenuhi permintaannya," kata Sekiguchi lagi.

Pernyataan ini juga disetujui oleh Regional Senior Vice President Nissan Asia & Oceania, Yutaka Sanada di kesempatan sama. Meski, banyak negara tetangga yang kian menanti Livina baru ini.



"Kami tentu mempelajari kemungkinan ekspor," katanya.

Diketahui, Indonesia dipilih menjadi negara pertama di dunia yang mendapatkan All-new Nissan Livina. Berbagai ubahan terjadi pada mobil keluarga andalan besutan Nissan itu salah satunya pada tampangnya.

Namun walau menggunakan platform aliansi dari Mitsubishi Xpander, Nissan menjamin kenyamanan Livina tidak hilang. Sebab itulah identitas mobil tersebut sejak diperkenalkan pertama pada tahun 2007 lalu.


Simak Juga 'Mencermati Bodi Sampai Jeroan Livina Rasa Xpander':

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed