Jumat, 15 Feb 2019 19:04 WIB

Pakai Lampu LED, Biaya Servis Xenia Tambah Mahal?

Ruly Kurniawan - detikOto
Daihatsu Xenia. Foto: PT Astra Daihatsu Motor Daihatsu Xenia. Foto: PT Astra Daihatsu Motor
Jakarta - Beberapa ubahan disematkan pada Xenia terbaru. Satu di antaranya adalah headlamp yang kini sudah pakai LED. Lantas, apakah biaya servis mobil keluarga dari Daihatsu itu jadi lebih mahal?

Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi menanggapi hal tersebut. Menurutnya, perubahan lampu pada Grand New Xenia tidaklah berdampak pada biaya servis. Sebab, pada umumnya lampu bersifat lifetime atau tidak akan rusak.



"Baik LED maupun lampu halogen itu sebenarnya lifetime. Istilahnya tidak akan rusak, jarang sekali rusak. Kecuali pengguna pernah lepas dan ganti lampu. Kalau yang orisinil sendiri dipakai di atas 7 tahun juga masih baik," ucapnya belum lama ini.

Bambang mencontohkan saat ia menggunakan Daihatsu Zebra dahulu. "Saya dulu pakai Zebra selama 6 tahun, tidak pernah ganti lampu utama tuh. Sekarang sudah pakai Terios lama juga sama saja." ceritanya.



Namun memang, bila harus melakukan pergantian lampu LED akan jauh lebih mahal dibanding halogen. Sebab lampu LED tidak bisa dibeli terpisah atau satu-satu melainkan langsung satu set pada satu sisi (kiri atau kanan).

"Kalau ingin ganti lampunya saja, halogen itu sekitar Rp 120.000-an untuk dua lampu. Ini untuk Xenia loh, ya. Lalu kalau LED, itu tidak bisa pretelan. Dia kan per titik. Nah kalau headlamp satu sisi itu Rp 2 juta (satu set). Jadi kalau ganti keseluruhan jadi Rp 4 juta (kanan dan kiri)," ujar Bambang. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed