Rabu, 30 Jan 2019 10:24 WIB

Bisa Beli Rush Pakai Uang Receh, Petani Tirta Nabung 7 Tahun

Sudirman Wamad - detikOto
Foto: istimewa / Tirta membayar mobil menggunakan uang receh Foto: istimewa / Tirta membayar mobil menggunakan uang receh
Majalengka - Membeli mobil dan motor dengan uang receh seolah menjadi fenomena baru di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, tercatat beberapa kali masyarakat membeli kendaraan impiannya dari hasil menabung uang receh.

Baru-baru ini ada petani asal Majalengka bernama Tirta yang baru saja membeli Toyota Rush dengan uang logam recehan. Butuh waktu hingga tujuh tahun bagi Tirta mengumpulkan pundi-pundi receh di kotak plastik hingga akhirnya bisa terkumpul dan membeli Rush.


"Awalnya saya kumpulin uang logam pecahan Rp 100 hingga Rp 1.000 di boks itu. Terus saya tukar uang kertas pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu dengan receh, saya kumpulin di situ," kata Tirta saat ditemui detikcom di tempat kerjanya di Desa Biyawak, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Selasa (29/1/2019).

Uang receh yang Tirta kumpulkan rencananya digunakan untuk tradisi saweran saat pemberangkatan haji. Di tengah perjalannya, Tirta kepincut dengan Toyota Rush. Terlebih lagi, aktivitas Tirta saat ini kerap bolak-balik Jakarta.

Tirta dikenal sebagai sosok yang rajin menabung dan gigih. Sejak muda Tirta memiliki prinsip, menabung dan ulet. Sebelum memulai bertani, saat remaja Tirta sempat bekerja di pabrik sweter yang berada di Bandung pada tahun 1989.


Setelah bekerja sebagai buruh, sekitar tahun 1990 Tirta memilih bertani. Tirta juga membeli sebuah traktor seharga Rp 3 juta pada tahun 1994. Traktor tersebut digunakan Tirta untuk mencari penghasilan, selain daripad bertani.

"Dulu itu jaya-jaya mendapat garapan untuk membajak sawah orang. Karena dulu yang punyat traktor masih sedikit. Saya bisa menggarap 15 hektare lebih jelang musim tanam," tuturnya.

Lihat Video Petani Beli Mobil dengan Uang Receh

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com