Jumat, 25 Jan 2019 10:30 WIB

Beli Mobil Tak Perlu DP Bikin Orang Gampang Beli Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Ruly Kurniawan Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Kebijakan DP (Down Payment) 0 persen yang baru diresmikan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mendapat sambutan positif dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

"Soal DP 0 persen tentunya kita welcome karena ini merupakan salah satu kemudahan di dalam pembiayaan," kata Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto, di UOB Plaza, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (24/1/2018).




Diungkapkan Jongkie, Gaikindo yakin bahwa perusahaan leasing (pembiayaan) tidak akan sembarangan memberikan DP 0 persen kepada konsumen mobil. Meski demikian, Jongkie juga mewanti-wanti potensi terjadinya kredit macet.

"Perusahaan leasing juga harus hati-hati. Katakanlah menjaga risiko. Mana ada sih perusahaan leasing yang mau bangkrut gara-gara memberikan DP 0 persen. Yang kami khawatir juga kalau ini terjadi kredit macet meningkat, akibatnya banyak mobil sitaan. Ini bisa ganggu penjualan mobil baru," terang Jongkie.



Lalu apakah DP 0 persen itu akan menstimulasi penjualan mobil di Indonesia?

"Pasti. Seperti yang tadi saya sebutkan, dengan kemudahan-kemudahan itu bisa meningkatkan penjualan mobil," pungkas Jongkie.



Simak juga video 'Dilema DP 0% untuk Kredit Motor dan Mobil':

[Gambas:Video 20detik]


Beli Mobil Tak Perlu DP Bikin Orang Gampang Beli Mobil
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com