Selangkah Lebih Maju Lagi, Malaysia Siap Jajal Mobil Otonom

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 21 Jan 2019 21:14 WIB
Konsep mobil otonom Volvo. Foto: Pool (Autoevolution)
Jakarta - Malaysia tampaknya selangkah lebih maju dari Indonesia. Negara tetangga tersebut bakal menguji coba mobil otonom.

Otolovers sudah tahu kan apa itu mobil otonom? Ya, teknologi canggih yang masih dikembangkan saat ini memungkinkan mobil bisa berjalan sendiri tanpa sopir manusia. Sistem komputer akan membuat mobil berjalan sendiri, berbelok, menghindari hambatan di jalan dan tindakan lain seperti yang dilakukan sopir manusia.

Malaysia Automotive Robotics and IoT Institute (MARii), seperti diberitakan Paultan, memberikan beberapa tincian tentang inisiatif autonomous vehicle test bed (AVTB). Rencananya, teknologi itu akan dikembangkan mulai 2019.



CEO MARii, Datuk Madani Sahari, menjelaskan rencana pihaknya adalah untuk menguji berbagai teknologi yang berkaitan dengan kendaraan otonom. Pengujian ini perlu dilakukan untuk menilai kemampuan teknologi itu dengan infrastruktur dan lingkungan di Malaysia.

"Kami akan menguji semua teknologi kendaraan otonom ini untuk memastikan bahwa teknologi-teknologi itu aman dan dapat diandalkan sesuai dengan kondisi di Malaysia," katanya.



Selain kendaraan listrik, kendaraan otonom menjadi salah satu aspek yang dimasukkan dalam tinjauan Kebijakan Otomotif Nasional Malaysia. Untuk memuluskan langkah ini, MARii akan bekerja dengan kementerian dan lembaga terkait. Mereka akan memulai pengujian dalam dua tahap tahun ini. Paruh pertama 2019 digunakan untuk perencanaan dan paruh kedua digunakan untuk fase pengujian.

"Kami telah mengunjungi fasilitas test-bed yang sama di tempat lain, termasuk Singapura, Eropa dan Jepang," kata Madani. (rgr/lth)