Jumat, 21 Des 2018 17:37 WIB

Orang Amerika Ogah Beli Jimny

Dina Rayanti - detikOto
Suzuki Jimny. Foto: Pool (Autoevolution) Suzuki Jimny. Foto: Pool (Autoevolution)
Jakarta - Punya wajah baru, Suzuki Jimny kebanjiran pesanan. Selain di negara asalnya Jepang, Jimny juga diburu oleh orang-orang di Benua Biru Eropa. Wajahnya gagah mirip Land Rover Defender ada juga yang bilang menyerupai Mercedes-Benz G-Class.

Tapi hal itu tidak berlaku di Amerika. Mengutip Road and Track, Jumat (21/12/2018) orang Amerika menilai Jimny laiknya perpaduan Defender 90 dan mobil Pokemon karena warnanya ngejreng. Di diler-diler Suzuki Amerika, mobil dengan penggerak empat roda sudah tidak ada lebih dari 6 tahun.


Salah satu alasannya banyak produsen mobil lain di sana menawarkan pilihan lebih menarik. Tenaga Jimny juga tak sebesar mobil-mobil SUV yang ditawarkan di Negeri Paman Sam.

Jimny mengusung mesin baru yakni K15B. Mesin K15B di Jimny bisa menghasilkan tenaga setara dengan 75 kW pada rpm 6.000 dan torsi maksimum 130 Nm pada rpm 4.000. Sedikit berbeda dari Ertiga yang bisa menghasilkan tenaga 77 kW di rpm 6.000 dan torsi 138 Nm pada rpm 4.400.

Sementara di mobil-mobil Amerika mesin berkapasitas serupa bisa menghasilkan tenaga tiga kali lipat lebih besar. Orang Amerika juga disebut sangat memperhatikan spesifikasi mobil sebelum membelinya.


Kondisi berbeda dialami konsumen di London. Suzuki London bahkan harus menyetop pemesanan Jimny untuk tahun 2019 karena kewalahan menerima pesanan.

Di London kuota Jimny memang dibatasi, Suzuki beralasan hal itu dilakukan semata-mata untuk mengurangi emisi gas karbondioksida di Eropa. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed