Senin, 17 Des 2018 14:00 WIB

Toyota Avanza dari Masa ke Masa, Mana yang Paling Keren?

Dina Rayanti - detikOto
2 1. Avanza model 2003-2004
Halaman 2 dari 5
Foto: Toyota

Avanza pertama kali dikenalkan Desember tahun 2003. Mobil kemudian meluncur pertama kali ke jalanan tanah air tahun 2004. Kehadiran Toyota Avanza pada tahun 2004 mengalami suatu proses yang panjang. Semua berawal dari krisis moneter besar yang melanda Indonesia tahun 1998 sehingga menyebabkan harga kendaraan melambung ke level tertinggi dalam sejarah otomotif Indonesia.

Toyota ingin mengulang kesuksesan Kijang saat itu, namun dengan harga yang lebih murah. Harga Avanza hanya 70% dari harga Kijang saat itu. Nama "Avanza" diambil dari kata "avanzato" yang dalam bahasa Italia berarti peningkatan.

"Nama Avanza sendiri hasil pemikiran tim planning Toyota yang mengusulkan untuk membuat nama 3 suku kata, A Van Za dan memperkirakan mobil ini dahulu akan diterima di pasar ekspor. Itu makanya dipilih nama yang bisa diterima di berbagai negara, Avanza dari Avanzato yang artinya Advance. Berbeda dengan nama mobil saat itu Ki Jang. Dua suku kata," ujar PR Manager PT Toyota-Astra Motor Rouli H Sijabat.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com