Senin, 17 Des 2018 13:59 WIB

Nggak Kuat Bayar Pajak, Ojol Ini Mau Jual MINI Cooper Rp 12.000

Ruly Kurniawan - detikOto
Ojol beli MINI Cooper Rp 12.000. Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Perasaan bahagia sekaligus bingung terus membayangi salah satu driver ojek online (ojol) Dedi Heryadi setelah berhasil membeli MINI Cooper seharga Rp 12.000. Bagaimana tidak, mobil yang didapatkan dari program Serbu Seri Bukalapak pada Harbolnas (hari belanja online nasional) kemarin memiliki pajak yang tinggi sampai belasan juta.

Dedi menyadari betul atas kemampuan finansialnya. Membayar belasan juta hanya untuk mengurus perpajakan dan surat-surat MINI Cooper 3-door adalah hal yang cukup berat bagi pria asal Jakarta tersebut. Tapi disatu sisi, ia sangat bahagia dapat membawa mobil Eropa kerumahnya.


"Perasaan saya senang banget pasti karena dapat hadiah istimewa. Saya masih shock sampai sekarang. Untuk kedepannya, semua kemungkinan itu mungkin. Kalau dipakai sendiri tidak masalah, dijual juga lebih mungkin," kata Dedi kepada wartawan di kantor Bukalapak, Jakarta, Senin (17/12/2018).

"Karena kan kalau saya pakai, pajak tahunannya besar. Penghasilan ngojek buat bayar pajak tahunannya mungkin tidak nutup," lanjutnya dengan nada bercanda.

Belum lagi, anak Dedi mengalami gejala tipes sejak berita kedatangan mobil tersebut.

"Entah lah duitnya nanti untuk apa, yang jelas untuk keperluan keluarga," kata Dedi.

Pihak penyelenggara, Bukalapak, ternyata telah mengetahui wacana tersebut. Achmad Zaky selaku Chief Executive Officer dan Founder Bukalapak mengatakan, sebisa mungkin akan membantu Dedi termasuk menjual MINI Cooper yang dimenangkan kembali.


"Ada kemungkinan seperti itu (ingin dijual kembali). Nanti kita akan bantu. Mungkin akan kita buat lelang sehingga semoga dapat nominal yang lebih tinggi dan dapat dimanfaatkan oleh Pak Dedi nantinya," kata Zaky.

"Untuk barang yang telah dimenangkan, itu seluruh pajak ditanggungnya sendiri. Ini bukan hadiah, jadi pemenang hanya membayar pajak mobil/motor dan surat-surat lainnya," katanya kembali.

Diperkirakan, pajak pengurusan mobil MINI Cooper 3-door mencapai belasan juta. "Iya, sampai Rp 15 jutaan. Tapi saya tidak tahu pasti juga nih. Nanti ingin diperbincangkan dengan pihak Bukalapak," kata kakak Dedi dikesempatan sama. (ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com