Kenapa Mobil 7 Penumpang Jadi Favorit di Indonesia?

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 14 Des 2018 10:00 WIB
Daihatsu Xenia. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Mobil dengan kapasitas tujuh penumpang atau 7-seater kini punya ragam pilihan untuk masyarakat Indonesia. Mulai dari berjenis Low Cost Green Car (LCGC), Multi Purpose Vehicle (MPV) hingga Sport Utility Vehicle (SUV) menjadi pilihan mobil paling laris.

Berkaitan dengan hal tersebut Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra menjelaskan alasan mobil kapasitas tujuh penumpang menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia.



"Pada dasarnya masyarakat Indonesia, tadi juga konsumen bilang kenapa dia pilih Terios, karena memang 7-seater. Sigra juga kenapa lebih laku daripada LCGC 5-seater, Ya karena memang 7-seater," ungkap Amel.

"Masyarakat Indonesia itu culture-nya, budayanya itu suka ngumpul, jadi memang mobil 7-seater pasti lebih laku," ungkap Amel.



Faktanya kapasitas daya tampung penumpang bisa lebih banyak. MPV masih menjadi favorit masyarakat Indonesia. Selain multifungsi, irit BBM, MPV memiliki struktur pajak yang rendah sehingga harga lebih terjangkau.

Bila mengacu pada data penjualan Gaikindo pada bulan Oktober 2028, setidaknya ada 6 besar mobil paling laris di Indonesia, dan semuanya berkapasitas 7 penumpang, di antaranya Toyota Avanza 9.358 unit, Kijang Innova 7.085 unit, Rush 6.588 unit, Mitsubishi Xpander 5.408 unit, Daihatsu Sigra 5.339 unit, dan Toyota Calya 5.073 unit. (riar/rgr)