Selasa, 11 Des 2018 11:18 WIB

Mobil Terbaik di Jepang Bukan Buatan Jepang, Tapi Eropa

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Volvo
Tokyo - Jepang terkenal dengan mobilnya yang efisien. Namun mobil terbaik di Jepang ternyata bukan mobil buatan Jepang, melainkan buatan Swedia!

Dua kali berturut-turut mobil buatan Swedia, Volvo, mempecundangi mobil-mobil mewah buatan Jepang di tanah airnya sendiri. Volvo dengan mobil SUV XC40 mengalahkan mobil Toyota Corolla Sport dalam penghargaan Japan Car of the Year.

Tahun lalu Volvo XC60 menjadi mobil terbaik di Jepang mengalahkan Camry dan BMW Seri 5. XC40 dinobatkan oleh mobil terbaik Jepang setelah dipilih oleh 60 juri yang terdiri dari 40 wartawan Jepang dan 20 eksekutif pabrikan Jepang.



Volvo XC40 menjadi juara dalam perolehan poin tipis dengan Corolla. Dalam perhitungan suara, XC40 memimpin dari awal, kemudian Corolla menyusul, tapi setelah itu Volvo tak terbendung lagi dengan perolehan poin lebih banyak 40 poin. XC40 mendulang 363 poin sedangkan Corolla Sport 314 poin.

Di urutan ketiga ada VW Polo dengan perolehan 197 poin, Toyota Crown di urutan keempat dengan 170 poin dan Mitsubishi Eclipse Cross 165 poin.

"Setelah kemenangan XC60 tahun lalu, kami sangat gembira bisa memenangkan kembali penghargaan ini, saya ingin berterima kasih pada seluruh staff di Jepang. XC40 hadir dengan ukuran yang tepat dan memiliki harga kompetitif untuk pasar Jepang," ujar CEO Volvo Jepang Takayuki Kimura yang berharap penghargaan ini bisa mendulang penjualan mobil.

CEO Volvo Takayuki KimuraCEO Volvo Takayuki Kimura Foto: Volvo




Volvo XC40 merupakan SUV generasi ketiga Volvo setelah XC90 dan XC60. Mobil dibuat dengan platform yang disebut Scalable Product Architecture (SPA).
Ketiga model SUV Volvo itu rata-rata sudah menjadi mobil terbaik di berbagai dunia.

(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com