Kamis, 22 Nov 2018 16:37 WIB

3 Pasar Otomotif Terbesar di Dunia, China Nomor Satu

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil Terlaris Dunia. Foto: Dok. JATO Mobil Terlaris Dunia. Foto: Dok. JATO
Jakarta - Penjualan mobil mengalami kenaikan secara global. Hal itu tergambarkan dari data penjualan mobil selama semester-I 2018.

Totalnya, sudah ada 44,03 juta unit mobil baru yang tersebar di seluruh dunia. Angka tersebut naik 3,6 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya yang cuma 42,49 juta unit.

Dari sekian banyak negara di dunia, China menjadi pasar otomotif terbesar. Negeri Tirai Bambu itu mempertahankan posisinya sebagai pemimpin global dalam penjualan otomotif. Di sana, selama Januari-Juni 2018 sudah terjual sebanyak 12,23 juta unit mobil.



Tapi angka itu tidak termasuk kendaraan komersial ringan. Penjualan mobil di China mengalami peningkatan 3,9 persen. China menghadapi masa yang lebih sulit karena ketidakpastian perang dagang dengan Amerika Serikat, serta kontrol ketat pemerintah pada pinjaman bank untuk mengurangi utang yang melonjak.



Uni Eropa menjadi pasar nomor dua terbesar setelah China. Di sana, terdapat 9,77 juta unit mobil baru dan kendaraan niaga ringan. Suasana ekonomi yang baik dan berbagai pilihan yang variatif membuat pertumbuhan penjualan kendaraan mencapai 3 persen di wilayah tersebut. Pertumbuhan itu merupakan kenaikan tertinggi setelah sepuluh tahun terakhir.

Kemudian Amerika Serikat menjadi pasar ketiga terbesar setalah China dan Eropa. Pada Januari-Juni 2018, tercatat sebanyak 8,62 juta unit mobil terjual di sana.




Tonton juga 'Menyulap Gaz Commando 1959':

[Gambas:Video 20detik]


3 Pasar Otomotif Terbesar di Dunia, China Nomor Satu
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com