Kamis, 22 Nov 2018 13:34 WIB

Carlos Ghosn Dipecat Nissan, Ini Pengganti Sementaranya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
CEO Nissan Hiroto Saikawa. Foto: Reuters/Issei Kato
Tokyo - Nissan Motor akan memecat Carlos Ghosn dari posisi chairman dan representative director dalam rapat luar biasa dewan direksi. Mengingat Ghosn dicopot dari posisinya, Nissan segera menyiapkan penggantinya.

Diberitakan Nikkei, posisi Ghosn sebagai chairman and representative director di Nissan Motor akan digantikan sementara oleh CEO Hiroto Saikawa. Rapat dewan direksi itu akan digelar hari ini, Kamis (22/11/2018).

Saikawa akan menjabat sebagai CEO dan chairman. Dia bergabung dengan Nissan sejak 1977.



Selain Ghosn, orang yang dicurigai kaki tangannya, Greg Kelly, juga akan dicopot dari jabatannya sebagai direktur representatif. Dewan akan mempertimbangkan untuk mengadakan rapat pemegang saham yang luar biasa jika tindakan lebih lanjut diperlukan, karena Ghosn akan tetap sebagai direktur bahkan setelah dipecat dari jabatannya yang lain.

Dewan direksi juga akan membentuk komite penasihat hukum independen dan spesialis luar lainnya untuk memperkuat tata kelola perusahaan. Komite tersebut tidak hanya menyelidiki skandal saat ini tapi juga diharapkan mempertimbangkan langkah-langkah untuk mencegah perilaku serupa.



Sementara mitra aliansinya, Mitsubishi Motors, akan mengadakan rapat dewan direksi pekan depan untuk mencopot Ghosn dari jabatan chairman. Sedangkan Renault telah mengumumkan bahwa direksi menunjuk Chief Operating Officer Thierry Bollore sebagai pengganti Ghosn.

Sementara itu, Nissan mengatakan kesalahan Ghosn pertama kali disuarakan oleh laporan internal whistleblower.




Tonton juga 'Menkeu Prancis: Ghosn Tak Mampu Lagi Memimpin Renault':


Carlos Ghosn Dipecat Nissan, Ini Pengganti Sementaranya
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com