Kamis, 25 Okt 2018 12:10 WIB

Saat Uji Tipe, Esemka Memang Masih Euro2

Dina Rayanti - detikOto
Mobil pikap di pabrik Esemka Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto Mobil pikap di pabrik Esemka Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto
Jakarta - Dalam beberapa pekan terakhir, nama mobil Esemka sering terdengar di permukaan. Nama itu kembali bergaung sejak Esemka disebut-sebut telah memiliki SUT (Sertifikat Uji Tipe). SUT menjadi modal Esemka untuk bisa diproduksi secara massal.

Tapi sayangnya, Esemka belum memenuhi standar Euro4. Saat pengujian dilakukan, belum ada aturan pemerintah yang mengharuskan mobil berstandar Euro4.


Sebagai informasi mobil-mobil yang diproduksi di Indonesia, sejak Oktober 2018 harus memenuhi Peraturan Menteri (PERMEN) LHK No.p.20/MENLHK/SETJEN/KUM. 1/3/2017, tentang baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe Euro4.

"Saat saya menguji itu memang Euro2," jelas Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJ-SKB) Caroline Noorida saat dihubungi detikOto, Kamis (25/10/2018).

Dengan begitu, Esemka harus melakoni Uji Tipe ulang untuk memastikan apakah standar emisinya sudah memenuhi Euro4.

"Penerbitan TPT untuk 6 tipe kendaraan bermotor PT Solo Manufaktur Kreasi (PT. SMK) dilakukan di kisaran Juli-Agustus 2017, dimana saat itu pengujian emisi masih menggunakan standar Euro2. Dengan diberlakukannya standar Euro 4 per Oktober 2018, maka kendaraan bermotor PT SMK tersebut harus diuji ulang di Kemenhub dengan standar emisi Euro4," ujar Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika beberapa waktu lalu.


Penerapan Euro4 ini dilakukan agar para pemain di industri otomotif Indonesia tidak perlu lagi menyesuaikan produk buatan mereka dengan dua standar yakni untuk dalam dan luar negeri (ekspor), sehingga dapat lebih efisien dalam segi produksi kendaraan mereka.

Selain itu diharapkan dengan standar penerapan standar Euro4, udara di Indonesia bisa lebih bersih.




Tonton juga 'Jokowi Buka-bukaan Soal Nasib Mobil Esemka':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed