Selasa, 16 Okt 2018 14:08 WIB

Orang Dekat Jokowi Sebut Esemka Tak Terkait Pilpres

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Mobil Esemka sering dikaitkan dengan nama Joko Widodo. Bisa dibilang saat kemunculan pertamanya, Jokowi yang melambungkan nama Esemka. Bahkan waktu itu ia menggunakan mobil Esemka sebagai kendaraan dinas kala menjabat sebagai Walikota Solo.

Setelah itu Esemka ditaksir banyak kalangan pejabat. Seperti halnya Jokowi mereka pun ingin mengendarai kendaraan itu sebagai mobilnya sehari-hari. Namun sayangnya Esemka gagal uji emisi yang membuatnya tak jadi diproduksi secara massal.


Nama Esemka sempat redup saat itu. Kemudian Esemka muncul lagi dalam beberapa waktu. Esemka sering terdengar menjelang pemilihan umum. Itulah yang menyebabkan Eseka sering disebut-sebut sebagai kendaraan politik saja.

Staf Khusus Presiden, Diaz Hendropriyono pun membantah hal tersebut. Menurutnya tak ada kaitannya Esemka dengan Pemilu. Ia menyebut Esemka merupakan mobil yang bisa menjadi kebanggaan bagi Indonesia.

"Ini produk lokal tak tergantung pilpres," ujar Diaz beberapa waktu lalu.

Ia juga sempat membocorkan Esemka bakal diluncurkan dalam waktu dekat. Sebelumnya, mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M Hendropriyono yang merupakan ayah Diaz menyebut Esemka bisa diluncurkan pertengahan tahun 2018. Tetapi memasuki bulan kesepuluh tahun 2018 mobil itu tak kunjung hadir.

"Kita pastikan terus berlanjut sampai 2019 selesai," tegasnya.


Mobil Esemka dalam sepekan terakhir memang terus bergaung. Apalagi dikabarkan mobil itu telah melakoni Uji Tipe dan dinyatakan lulus. Artinya produsen Esemka diperbolehkan untuk memproduksinya secara massal.

Wah, jadi penasaran bentuknya bakal seperti apa ya?





Tonton juga 'Fahri: Jangan-jangan Mobil Esemka Diimpor Terus Distempel Gitu':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed