Sabtu, 22 Sep 2018 16:00 WIB

Setelah Supra, Toyota Ingin Menghidupkan Celica atau MR2 Kembali

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Pool (Autoevolution) Foto: Pool (Autoevolution)
Jakarta - Kehadiran mobil sport ikonik Toyota Supra nampak tak lama lagi. Mobil sudah beberapa beberapa kali menjalani pengujian di jalanan. Setelahnya, ternyata Toyota sudah memiliki rencana lain untuk segera meluncurkan sedan sport yang juga melegenda, yaitu Celica atau MR2.

Dilansir Paultan dari Road and Track, hal tersebut dikatakan oleh asisten kepala engineer Toyota Supra, Masayuki Kai. Ia berharap, 'The Three Brothers' yaitu Supra, Celica, dan MR2 bisa hidup bersama lagi. Sebagaimana pada tahun 1980-1990an.

"Kami ingin menghidupkan kembali Toyota Celica, kami ingin mengembalikan MR2," kata Kai.


Dirinya melanjutkan, Toyota memutuskan membawa Supra lebih dulu ke konsumen karena sport car ini memiliki permintaan terbesar dari pasar.

"Sekarang kami akan membawa Supra kembali karena pasar yang ia miliki sangatlah besar. Selanjutnya, apa yang akan kita bawa kembali tergantung pada permintaan pasar," tegas Kai.

Pernyataan ini diperkuat oleh Tetsuya Tada, Chief Engineer Toyota Supra yang mengungkapkan bahwa pihak Toyota sedang memikirkan untuk mengeluarkan tiga super car andalannya, 'The Three Brothers'. Bahkan di kesempatan berbeda itu Tetsuya mengucapkan nama MR2 yang tengah masuk pembahasan.


Terkait model Celica, Kai memaparkan bila mobil tersebut bisa dibangkitkan kembali maka bisa jadi bakal menjadi coupe yang modern dengan all-wheel drive. Sedangkan MR2 bisa mempertahankan gaya lamanya yang klasik nan indah.

Dikesempatan itu juga Kai mengatakan bahwa menjual super car cukup sulit sekarang karena jumlahnya yang relatif kecil. Sedangkan komponen yang digunakan sangatlah banyak. Maka salah satu solusi untuk menekan biaya perakitan adalah berkerja sama dengan pembuat mobil lain seperti yang dilakukan dengan BMW untuk Supra atau Subaru untuk 86.

Tidak jelas apakah perusahaan lain akan bersedia bekerja dengan Toyota pada Celica atau MR2 yang baru nanti. Namun Kai memuji Mazda, dan ia yakin bisa melakukan kerja sama. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed