Kamis, 06 Sep 2018 18:59 WIB

Toyota Siap Tarik 1 Juta Unit Mobil Hybrid di Seluruh Dunia

M Luthfi Andika - detikOto
Toyota Prius Foto: Ruly Kurniawan Toyota Prius Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari Toyota, dikatakan pabrik raksasa dari Jepang ini siap menarik 1 juta unit mobil hybrid mereka di seluruh dunia.

Seperti tertulis di CNN, Kamis (6/9/2018), Toyota dikatakan akan menarik lebih dari 1 juta unit mobil hybrid mereka diantaranya Toyota Prius, Prius Plug-in hybrid, dan C-HR di seluruh dunia.



Tercatat setengah penjualan kendaraan hybrid Toyota ini telah terjual di Jepang, sebanyak 200.000 mobil berada di Amerika Serikat, dan sisa-nya berada di Eropa dan negara lainnya.

Pernyataan ini dikeluarkan oleh lembaga keamanan Amerika Serikat, yang mengatakan penarikan dilakukan akibat ada potensi kerusakan pada sistem elektrik yang bisa menyebabkan konseleting dan mengakibatkan terjadinya kebakaran.



Toyota pun mengamini dengan mengatakan masalah utama terletak pada kawat harnesses yang terhubung ke unit kontrol daya mobil (Power Control unit), yang disinyalir akan memiliki panas berlebih.

"Jika panas yang cukup dihasilkan, ada peningkatan risiko kebakaran kendaraan," kata juru bicara Toyota di Tokyo.

Penarikan kembali berlaku untuk mobil yang diproduksi antara Juni 2015 dan Mei 2018. Toyota mengatakan akan memberikan perbaikan kepada pelanggan secara gratis.

Memang produsen mobil Jepang ini bukan kali pertama memiliki masalah dengan Prius. Sebelumnya pada 2016, ia menarik lebih dari 1,7 juta kendaraan atas isu-isu yang berkaitan dengan kantong udara dan rem parkir mereka. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed