Hore! Dua Ruas Jalan Ini Tak Lagi Kena Ganjil genap Jakarta

Dina Rayanti - detikOto
Selasa, 04 Sep 2018 16:20 WIB
Ganjil genap di Jakarta. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]


Usainya perhelatan Asian Games 2018 tak begitu saja membuat aturan perluasan ganjil genap di sebagian wilayah Jakarta dicabut. Aturan ganjil genap di Jakarta ini berlaku hingga 13 Oktober mendatang karena masih ada ajang Asian Para Games di Jakarta.

Tapi ganjil genap untuk Asian Para Games ini berbeda dengan yang diberlakukan saat Asian Games. Ada dua wilayah dimana aturan ganjil genap itu tak berlaku lagi.


"Ada dua ruas jalan yang selama sekarang sampai dengan Asian Paralympics itu tidak menjadi rute lagi yaitu Jl.Benyamin Sueb di dekat Wisma Atlet dan juga Pondok Indah Arteri," ungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sebuah video yang diunggah CNN Indonesia.

"Kenapa? karena Pondok Indah tidak lagi digunakan untuk kegiatan golf. Nah, nanti di jalan Benyamin Sueb pada saat Paralympics akan diterapkan lagi kebijakannya karena para atlet akan tinggal di Wisma Atlet," ujar Anies.

Saat aturan ganjil genap Asian Games diterapkan ruang gerak pengendara mobil memang sangat terbatas. Sekalipun lewat jalan tol, mereka tidak bisa sembarangan keluar dari jalan itu. Namun Anies menegaskan, untuk di beberapa ruas tol tidak diterapkan ganjil genap.


"Lalu ada satu lagi tambahan, di rute-rute yang menjadi rute masuk-keluarnya jalan tol disitu tidak diterapkan ganjil genap. Kenapa? supaya orang keluar tol sampai persimpangan pertama dia masih leluasa," jelas Anies.

"Begitu juga dari persimpangan pertama sampai dengan masuk tol tidak ada hambatan, artinya penggunaan lalu lintas tol itu tidak terganggu," tutupnya.

Aturan ganjil genap ini rencananya masih berlaku hingga 13 Oktober 2018. Seperti halnya ganjil genap saat Asian Games, aturan ini berlaku mulai pukul 06.00-21.00.

(dry/ddn)