Jumat, 31 Agu 2018 16:02 WIB

Mobil Mewah Presiden Rusia Vladmir Putin Bakal Dijual Masal

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: REUTERS/Maxim Shemetov Foto: REUTERS/Maxim Shemetov
Moskow - Pelantikan presiden Rusia Vladimir Putin pada Mei 2018 kemarin berbarengan dengan peluncuran limusin kepresidenan baru. Kendaraan yang khusus dirakit dalam negeri untuk menunjang kegiatan Putin ini dipanggil Kortezh.

Terinspirasi dari pabrikan mobil mewah Rolls-Royce, ternyata mobil super aman asal Rusia itu tak lama lagi akan diproduksi secara masal. Tapi namanya akan berbeda dari milik Putin, yakni Aurus Senat. Mobil akan dirilis pada gelaran Moscow Auto Show 2018.

Dilansir Paultan, Aurus Senat akan menawarkan dua varian yakni sedan dan limusin. Tapi secara interior, tak ada banyak perbedaan dari kedua model tersebut.


Kabin Aurus Senat tersaji begitu mewah dengan penggunaan jok kulit premium, beberapa panel kayu, dan aksen metalik. Dashboard mobil ini juga dilengkapi dengan head unit display lebar dan instrumen panel digital.

Kemewahannya terus berlanjut sampai kabin belakang yang menyematkan reclining seat dan meja lipat. Ada juga lemari pendingin kecil lengkap dengan gelas kristal dan sistem audio terbaik.

Aurus Senat hadir dalam dua pilihan mesin, salah satunya ialah V8 4.400cc yang disokong oleh motor listrik. Dapur pacu bertenaga 590 Tk ini dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis 9-percepatan dan hanya membutuhkan waktu 6 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari kondisi diam.


Selain itu ditawarkan pula mesin V12 6.600 cc. Konfigurasi ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 848 tenaga kuda, jauh di atas Rolls-Royce Phantom dengan 563 daya kuda.

Mobil akan mulai dijual di Rusia pada awal 2019 mendatang dan siap masuk ke pasar internasional setahun setelahnya. Sayang, belum ada harga resmi mengenai Aurus Senat. Tetapi, Kementerian Industri dan Perdagangan Rusia membocorkan bahwa banderolnya akan 20 persen lebih rendah dari Bentley dan Rolls-Royce. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed