Selasa, 08 Mei 2018 14:43 WIB

Mobil Dinas Putin yang Mewah Asli Buatan Rusia

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mobil dinas Vladimir Putin yang baru (Foto: Reuters) Mobil dinas Vladimir Putin yang baru (Foto: Reuters)
Moskow - Vladimir Putin terlihat gagah saat menumpangi mobil limosin. Mobil itu merupakan mobil buatan Rusia yang dikembangkan sejak tahun 2012 lalu. Mobil merupakan bagian dari line up Kortezh (dibaca Cortege) yang akan menjadi kendaraan tumpangan pejabat Rusia.

Bagi Putin, mobil itu akan menggantikan mobil limo Mercedes-Benz yang selama ini dia pakai. Mobil untuk pertama kalinya diperlihatkan kepada publik saat pelantikan Putin di Kremlin.



Mobil limo dikawal 9 motor pengawal saat pelantikan PutinMobil limo dikawal 9 motor pengawal saat pelantikan Putin Foto: Reuters


Dikawal oleh 9 motor patwal, mobil limosin yang tampangnya mirip Rolls-Royce itu melaju dengan tenang. Mobil dicat warna hitam khas mobil presiden. Grillenya berukuran besar dan kotak, seakan-akan menganga meminta asupan udara yang banyak. Tanda mesin yang besar ada di balik kap mobil.

Lampu depannya berbentuk persegi dan dihiasi krom di grille, serta di lampu kabut. Mengutip pemberitaan dari Sputnik, merek Kortezh diyakini akan menjadi lampu terang di segmen mobil premium Rusia. Segmen premium Rusia selama ini memang dorman. Segmen ini dikuasai oleh produsen mobil luar Rusia.

Mobil Putin Mobil Putin Foto: Reuters


Sementara itu seperti dilansir Reuters, Menteri Industri dan Perdagangan Rusia Deni Manturov mengatakan setelah versi limo, bakal tersedia model lainnya untuk pejabat Rusia.



"Putin sudah mengetahui proyek ini dan sudah melihat berbagai tahapan proyek. Dia pernah membawa mobil Prototipe A, dan saat itu tidak ada waktu untuk memperlihatkan Prototipe B," ujar Manturov menjelaskan 2 varian mobil Kortezh.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com