Selasa, 14 Agu 2018 11:47 WIB

Tak Ada di Daftar Kekayaan, Prabowo Naik Lexus LX 570 Punya Siapa?

Dina Rayanti, Ridwan Arifin - detikOto
Prabowo saat berdiri di atas mobil Lexus LX 570. Foto: Pradita Utama Prabowo saat berdiri di atas mobil Lexus LX 570. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Calon Presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto sering terlihat menumpang mobil Lexus putih LX 570 berpelat B 1710 PSD. Namun kalau mengulik dalam data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) memang tertera sebuah mobil Lexus keluaran tahun 2002 tanpa dijelaskan modelnya.

Mengutip dari berbagai sumber, LX 570 sendiri justru baru ada pada Desember 2013 di Indonesia. Hingga saat ini mobil tersebut masih dijual di pasaran dengan harga Rp 3,13 miliar On The Road.


Kemudian kalau mengecek situs samsat online dengan memasukkan pelat nomor yang tertera Lexus LX 570 itu atas nama PT Nusantara Energy. Mobil itu juga tertulis buatan tahun 2017 dengan warna putih metalik, sesuai dengan mobil yang sering dinaiki Prabowo.

Prabowo dikerubuti pendukungnya saat daftar nyapres ke KPUPrabowo dikerubuti pendukungnya saat daftar nyapres ke KPU Foto: Pradita Utama


STNK Lexus LX 570 yang sering dinaiki PrabowoSTNK Lexus LX 570 yang sering dinaiki Prabowo Foto: Screenshot Samsat online


Lantas apa kaitannya Prabowo dengan Nusantara Energy?

Menurut data International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) yang sempat menghebohkan tahun 2017, Prabowo merupakan direktur dan deputi pimpinan dari perusahaan Nusantara Energy Resources, yang terdaftar di Bermuda.

Perusahaan tersebut teregistrasi pada 2001 dan masuk daftar 'debitur buruk' berdasarkan catatan Appleby yang dikutip ICIJ. Namun perusahaan itu ditutup pada 2004. Sementara itu, di Singapura juga tercatat ada perusahaan dengan nama Nusantara Energy Resources, yang merupakan bagian dari Nusantara Group.

Menanggapi data ini, Waketum Gerindra Fadli Zon membantah Prabowo terlibat dalam Paradise Papers.


Wakil Sekretaris Jenderal Gerindra, Andre Rosiade pun menanggapinya. Andre tidak mengetahui pasti, mengapa kepemilikan mobil tersebut masih atas nama Nusantara Energy. Diketahui dari berbagai sumber bahwa Prabowo pernah menjadi Direktur dan Deputi di perusahaan tersebut.

"Saya tidak tahu kenapa, tetapi memangnya salah? Itu kan perusahaan pribadi milik beliau," kata Andre Rosiade saat dihubungi, Selasa (14/08/2018).

Menurutnya sejauh ini Prabowo sudah jujur kepada masyarakat dengan melaporkan seluruh harta kekayaannya guna pencalonan sebagai presiden. "Terus terang, bapak Prabowo sudah jujur kepada masyarakat tidak ada yang ditutup-tutupi," ujarnya.


(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed