Rabu, 08 Agu 2018 21:15 WIB

Toyota Pastikan Innova dan Fortuner Sanggup Telan B20

M Luthfi Andika - detikOto
Ilustrasi Innova Foto: dok. Toyota Ilustrasi Innova Foto: dok. Toyota
Jakarta - Setelah melakukan uji coba sejak 2015 dan telah menempuh pengujian hingga 100.000 km. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), pastikan Innova dan Fortuner diesel siap sambut kehadiran B20.



Seperti rilis yang diterima detikOto, Rabu (8/8/2018), uji coba penggunaan Biodiesel 20 (B20) yang dilakukan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) terhadap dua line-up mobil penumpang sejak 2015 lalu yaitu Toyota Kijang Innova diesel dan Toyota Fortuner diesel, membuktikan bahwa bahan bakar ini aman dan tidak berdampak pada penurunan kinerja mesin.
Toyota Pastikan Innova dan Fortuner Sanggup Telan B20


Selanjutnya dikatakan uji coba tersebut dilakukan bersama PT (Persero) Pertamina, melalui serangkaian test drive sepanjang 100.000 km, sehingga data yang diperoleh bisa menjadi acuan untuk mengetahui dampak penggunaan B20 terhadap kinerja mesin dan kenyamanan penumpang.

"Hasil uji coba yang kami lakukan sejak 2015 tidak menemukan masalah pada penggunaan bahan bakar B20," kata Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam.

Sehingga Toyota memastikan para pelanggan atau konsumen Toyota dijamin tidak akan mengalami hambatan dengan rencana kebijakan pemerintah memperluas penggunaan B20 mulai September 2018 nanti. Karena seluruh mobil dengan engine diesel yang diproduksi di TMMIN Plant, kinerjanya tetap handal, aman saat mengkonsumsi B20 sebagai bahan bakarnya.

Bahkan untuk perawatan mesin, Toyota juga pastikan tidak ada masalah, karena perawatan tidak akan berbeda saat menggunakan B20. Begitu juga dengan tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar. "Kinerja mesin tidak terganggu. Begitu juga dengan perawatan, tidak ada yang perlu ditambah," tambah Bob Azam.



Sebagai catatan, TMMIN saat ini memproduksi kendaraan medium MPV (multi purpose vehicle) (MPV) Toyota Innova dan medium SUV (sport utility vehicle) Toyota Fortuner yang tidak hanya untuk varian bensin tapi juga diesel, baik untuk pasar domestik maupun ekspor.

Terdapat 4 varian Toyota Innova diesel yang dipasarkan di Indonesia dengan mengusung mesin 2.400 cc, yaitu tipe G Manual, G A/T, V Manual dan V A/T. Selain itu dengan platform mesin yang sama ada Fortuner 4x2 dan 4x4 tipe VRZ dan G.



Cek video Toyota Pamerkan Mobil Masa Depan di GIIAS 2018 (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed