Selasa, 26 Jun 2018 14:50 WIB

Laporan dari Jepang

Tampang Honda Jazz Kalau Dibekali Hybrid

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Dina Rayanti Foto: Dina Rayanti
Tomamu - Para produsen mobil telah berlomba-lomba menciptakan mobil ramah lingkungan. Mulai dari yang tenaganya hybrid hingga listrik sepenuhnya. Honda termasuk di dalamnya. Pabrikan mobil asal Jepang itu pun telah merilis beberapa modelnya dengan versi hybrid.

Salah satunya adalah Jazz. Hatchback andalan Honda bertenaga hybrid itu pertama malah bukan meluncur di negara asalnya, melainkan di Malaysia pada Juni 2017.



Secara tampilan memang tidak terdapat banyak perbedaan antara hybrid dan versi bensinnya. Seperti detikOto lihat langsung di sebuah parkiran resor di Tomamu, Hokkaido, Jepang. Hanya saja pada bagian belakang mobil terdapat emblem hybridnya. Oh ya di Jepang, Jazz disebut sebagai Honda Fit.

Honda Fit atau Jazz HybridHonda Fit atau Jazz Hybrid Foto: Dina Rayanti


Jazz atau Fit hybrid menggabungkan mesin 1.5 liter DOHC i-VTEC dengan integrated High Power Motor. Tenaga dari hybrid yang mencapai 137 ps disalurkan ke roda melalui transmisi 7 percepatan Dual Clutch Transmission (DCT).

Tenaga itu diklaim setara dengan mesin bensin 1.8 liter. Konsumsi BBM mencapai 4 liter untuk 100 km dan bisa dikendarai dalam mode listrik sepenuhnya.

Honda Fit HybridHonda Fit Hybrid Foto: Dina Rayanti


Baterai sistem hybrid menggunakan baterai ion lithium yang sanggup menyimpan tenaga 1,5 kali lebih banyak dan 50 persen lebih besar dibanding pendahulunya. Namun ukuran baterai malah lebih kecil 5,6 persen.

Saat diluncurkan di Malaysia tahun lalu, Honda Jazz hybrid dijual seharga 87.500 ringgit (Rp 272 juta), Jazz bensin tipe S 74.800 ringgit (Rp 233 juta dengan asuransi). Tipe E 81.000 ringgit, dan tipe V 88.400 ringgit.
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya