Kamis, 31 Mei 2018 10:32 WIB

Suzuki Pertanyakan Standar BBM Euro 4 Nanti di Indonesia

Ruly Kurniawan - detikOto
Ilustrasi Suzuki Ertiga 2018. Foto: Dadan Kuswaraharja Ilustrasi Suzuki Ertiga 2018. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Pihak Suzuki Indonesia masih mempertanyakan standar bahan bakar minyak (BBM) Euro 4 yang akan digunakan di Indonesia nanti. Meskipun sudah siap untuk melangkah ke Euro 4, standar bensin yang akan diterapkan masih belum ditentukan oleh pihak Pemerintah.

Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Riecky Patrayudha menuturkan, seluruh mobil yang diproduksi oleh SIS sudah kompatibel untuk masuk ke Euro 4. Soalnya, mobil rakitan mereka juga sudah diekspor ke beberapa negara yang sudah menerapkan standar tersebut. Namun untuk standar BBM Euro 4 di Indonesia, pihak SIS masih mempertanyakannya.



"Euro 4 itu ada campuran chemical yang berbeda dibanding Euro 2, dia akan semakin baik dan secara teori bisa menaikkan torsi dan horsepower mobil. Nah masalanya, bensin kita standarnya bakal bagaimana? Karena kalau bensinnya tidak disesuaikan, sama saja," katanya di Jakarta.

"Saya belum dapat kepastiannya. Yang patut diketahui bahwa mesin mobil Euro 4 untuk perform maksimum itu harus disuplai dengan bahan bakar Euro 4. Masalahnya sampai detik ini kami belum dapat kepastian kapan bisa disuplai Euro 4-nya. Standar bensinnya juga belum diketahui akan mengikuti standar Eropa atau bagaimana," lanjut Riecky.



Sebelumnya, pihak SIS mengaku sempat membawa bahan bakar Euro 4 dari negara lain untuk dites oleh Pemerintah. Dari sana bisa terlihat apa bedanya bensin Euro 2 dengan Euro 4. "Kami tuh sengaja membawa bahan bakar Euro 4 dari negara lain untuk ngetes kemarin," lanjut Riecky.

Kalau kebijakan tentang Euro 4 dan bahan bakarnya sudah beres, Suzuki sudah siap untuk melangkahkan kaki ke sana. "Ya tinggal adjust saja. Tapi selama ini yang saya tahu produk kita sudah masuk loh untuk Euro 4 dengan parameter seperti ini, sudah ekspor juga. Tinggal bensinnya aja yang kita tidak punya," ucap Riecky.

"Untuk All New Ertiga sudah kompatibel (dengan Euro 4). Motor Suzuki juga sama," tutupnya. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed