Kamis, 31 Mei 2018 09:26 WIB

Mitsubishi Targetkan Rental sampai Pemerintah Pakai Xpander CS

Ruly Kurniawan - detikOto
Mitsubishi Xpander. Foto: Dok. Mitsubishi
Jakarta - Setelah semua pemesanan mobil Mitsubishi khususnya Xpander terpenuhi, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berencana akan masuk ke pasar fleet (pembeli borongan atau dalam jumlah banyak). Di antaranya adalah pemerintahan, swasta, hingga perusahaan rental mobil. Jadi, mulai dari Xpander, Outlander, sampai Pajero akan terbuka untuk umum atau diperjualkan kepada konsumen fleet.

Hal tersebut dibeberkan oleh Head of Sales and Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Imam Choeru Cahya. Jadi, tidak hanya Mitsubishi Fuso dan Mitsubishi Triton yang akan sering terlihat berlalu-lalang di daerah tertentu dengan jumlah banyak, mobil Mitsubishi lainnya juga nantinya akan ada di pemerintahan hingga rental.



"Jadi background-nya seperti ini, bahwa kalau kita lihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) baik dari semua volume di passanger car, LCV (Low-Commercial Vehicle) sampai CV (Commercial Vehicle) itu 25 persen di fleet customer. Itu (dari total penjualan kendaraan di Indonesia) sekitar 1,1 juta, kan cukup besar. Dari angka tersebut 40 persennya berada di small MPV," ucap Imam di Jakarta, semalam (30/5/2018).

"Saya melihat bahwa ini ada opportunity untuk kita masuk ke segmen itu juga. Kalau Fuso kan memang sudah dari dulu konsen ke fleet market, tapi Mitsubishi passanger car baru Triton saja yang memang sudah 80 persen ke sana. Jadi, kenapa tidak kendaraan penumpang Mitsubishi lainnya membuka diri ke sana," lanjutnya.



Setelah Xpander terpenuhi pemesanan retailnya, tambah Imam, pihak MMKSI akan membuat tim khusus untuk pengembangan pasar di mobil penumpang Mitsubishi ini.

"Mudah-mudahan ini di semester kedua atau setelah Xpander ini terpenuhi untuk segmen retailnya. Kita juga sedang mengumpulkan database konsumen Xpander dahulu. Ini pun berlaku ke semua passanger car. Oh, sekarang saya juga membentuk suatu tim yang membahas khusus tentang ini," pungkas Imam.

Di kesempatan yang sama, dirinya pun membeberkan konsumen fleet yang disasar oleh Mitsubishi. "Macam-macam, ada pemerintahan, swasta, sampai rental company. Sekarang kan seperti perusahaan-perusahaan banyak ada rental," tutupnya. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com