Tidak Semua Orang Peduli Mobilnya Dibuat di Mana

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 24 Mei 2018 10:18 WIB
Ilustrasi Pabrik Mobil. Foto: Dok. Wuling Motors Indonesia
Jakarta - Tidak semua orang peduli di mana mobilnya dibuat. Sekalipun itu merek Amerika namun dibuat di China, mobil-mobil tersebut bakalan tetap dibeli. Seperti dalam survei yang baru-baru ini dilakukan oleh Autolist.

Dalam survei tersebut didapati sebanyak 53 persen orang Amerika Serikat tidak mempermasalahkan di mana sebuah mobil dibuat atau dirakit. Sementara 39 persen sisanya masih mempermasalahkan hal itu sebelum membeli mobil, dan delapan persen sisanya memilih tidak menjawab.



Biarpun mobil didatangkan langsung dari China yang identik dengan kesan kualitas produk kurang baik, sebagian besar konsumen Amerika bakal tetap membeli mobil. Setidaknya 49 persen dari mereka mengatakan, perakitan mobil di China tak akan mempengaruhi keputusannya untuk membeli sebuah mobil.

Hanya 30 persen responden saja yang menyatakan ogah membeli mobil kalau dirakit di China, dan 21 persen tidak yakin.



Seperti diketahui, saat ini banyak merek mobil yang mendatangkan mobil dari China. Sebut saja seperti Volvo, Ford, GM-Buick, dan Cadillac mobil-mobilnya dirakit di China.

Sayangnya survei baru dilakukan di Amerika, belum ada survei terkait hal tersebut di Tanah Air. Kalau Otolovers sendiri bagaimana, apakah pabrik pembuatan mobil akan mempengaruhi keputusan sebelum membeli mobil? (dry/rgr)