Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 04 April 2018, 17:59 WIB

Spesifikasi Esemka Buatan Sukiyat yang Pernah Dipakai Jokowi

Dina Rayanti - detikOto
Spesifikasi Esemka Buatan Sukiyat yang Pernah Dipakai Jokowi Esemka Rajawali (Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo)
Jakarta - Mobil buatan anak bangsa belum muncul juga hingga saat ini. Padahal sempat ada harapan kala mobil Esemka yang digagas oleh Sukiyat kabarnya akan diproduksi secara massal. Nyatanya 11 tahun berselang mobil itu belum juga muncul.

Esemka buatan Sukiyat sebenarnya memiliki spesifikasi yang mirip dengan mobil-mobil Jepang pada umumnya. Berkunjung ke situs resmi Kiat Motor mobil jenis SUV itu akan dibekali mesin empat silinder berkapasitas 2.000cc dengan multi point injection.

Dengan mesin itu, Esemka bisa menyemburkan tenaga setara 105 daya kuda pada putaran 5.500 rpm. Torsinya mencapai 145 Nm pada 4.100 rpm. BBM jenis premium masih bisa ditenggak oleh Esemka ini. Kapasitas tangkinya juga cukup besar nih Otolovers mencapai 75 liter.


Ada dua varian Esemka yang ditawarkan oleh perusahaan milik Sukiyat. Dua varian itu adalah Rajawali SUV (kapasitas 7 penumpang), dan Digdaya SUV (dobel kabin berkapasitas 5 penumpang).

Esemka memiliki panjang 5.035 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.630 mm. Tak lupa ada beberapa fitur yang disematkan oleh Sukiyat di Esemka buatannya ini. Mulai dari interior Power Steering, Power Windows, Central Lock, AC Dual Zone, Pemantik Api, dan CD Player.

Esemka Sukiyat ini tampaknya berbeda dengan Esemka yang diproduksi oleh perusahaan milik mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M Hendropriyono. Meski belum membocorkan lebih banyak, Hendropriyono hanya menyebut Esemka buatannya akan mengusung mesin berkapasitas di atas 1.000cc.



Tahap pertama akan ada 1.000 Esemka yang diproduksi olehnya. Seluruh tahapan produksi dilakukan di dalam negeri mulai dari mesin, interior, hingga eksterior, tanpa keterlibatan pemerintah maupun perusahaan asing.

"Modal sendiri, kerja sendiri, mesinnya bikinan sendiri, apalagi karoseri. Tidak ada fasilitas dari negara," jelas Hendropriyono akhir Desember lalu.

Esemka dari AM HendropriyonoEsemka dari AM Hendropriyono Foto: Facebook Anindya Tejo Martoyo


Sementara Sukiyat saat ini justru fokus untuk memproduksi mobil desa yang segera mengaspal pada akhir tahun 2018. Sukiyat menambahkan setelah mobil desa rampung, pihaknya pun siap untuk memproduksi Esemka.

"Jadi kita memenuhi kebutuhan kendaraan pedesaan dulu. Nanti dipelajari setelah itu kita sudah punya modal mengembangkan Esemka," ungkap Sukiyat. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed