Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 23 Maret 2018, 15:19 WIB

Biar Bisa Dipakai Jokowi, Mobil Esemka Harus Dibekali Fitur Ini

Dina Rayanti - detikOto
Biar Bisa Dipakai Jokowi, Mobil Esemka Harus Dibekali Fitur Ini Jokowi dan Esemka Foto: detikfoto
Jakarta - Memilih mobil untuk dijadikan kendaraan dinas pimpinan negara pastinya tidak sembarangan. Mobil harus memiliki berbagai fasilitas lengkap baik kenyamanan hingga keamanan untuk sang pemimpin. Misalnya saja mobil kepresidenan Amerika Serikat yang biasa disapa 'The Beast'.

'The Beast' merupakan mobil buatan negeri Paman Sam Cadillac yang telah melayani beberapa presiden Amerika Serikat. Mobil dilengkapi segudang fitur keamanan karena mampu menangkal segala serangan dan juga anti-peluru. Bahkan di dalam mobil terdapat kantung darah sesuai dengan golongan darah sang presiden yang sengaja disiapkan jika terjadi kondisi darurat.





'The Beast' juga menggendong mesin besar berkapasitas 6.6 L dengan panjang 5,4 meter. Tapi tak semua pemimpin negara memilih untuk menggunakan mobil yang sama sebagai kendaraan dinasnya. Beberapa justru memilih mobil buatan Jerman Mercedes-Benz S600 Pullman Guard karena dianggap mumpuni melindungi penumpang di dalamnya.

Mobil RI1Mobil RI1 Foto: Ari Saputra


Termasuk Presiden Joko Widodo yang juga menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard sebagai kendaraan dinasnya sehari-hari. Mobil juga dibekali dengan mesin berkapasitas 6.000cc serta anti-peluru.

Namun, mobil pemimpin negara tak melulu memiliki kapasitas mesin yang besar. Mobil buatan negara tetangga Malaysia yang juga menjadi mobil dinas Perdana Menterinya Proton Perdana hanya dibekali mesin berkapasitas di kisaran 2.0-2.4 L saja.



Tak ada aturan khusus yang mengharuskan mobil dinas presiden memiliki kapasitas besar. Mobil apa saja sebenarnya bisa digunakan sebagai kendaraan dinas para pemimpin negara termasuk Esemka. Namun harus dilengkapi berbagai fitur keamanan yang bisa melindungi pemimpin ketika berada di dalamnya.

Untuk dijadikan sebagai kendaraan dinas presiden RI tampaknya Esemka masih jauh dari level standar keamanan Presiden. Esemka baru memiliki fitur seperti ABS (Anti-lock braking system) atau EBD (Electronic Brakeforce Distribution). Agar bisa digunakan Presiden Joko Widodo, Esemka harus juga dibekali anti-peluru dan berbagai fitur keamanan lainnya. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed