Jumat, 09 Mar 2018 16:23 WIB

Tak Mau Binasa, Suzuki Siap Produksi Mobil Listrik

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Pabrik mobil Suzuki di Cikarang (Foto: Ruly Kurniawan) Pabrik mobil Suzuki di Cikarang (Foto: Ruly Kurniawan)
Jakarta - Suzuki mengklaim pabriknya yang di Cikarang sudah dilengkapi dengan teknologi mutakhir. Bahkan untuk memproduksi mobil listrik pun pabrik sudah bisa.

"Ya menurut saya sih harus siap ya, tinggal diubah-ubah segala macam kan gampang," ujar Managing Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), Setiawan Surya, kepada wartawan.



Suzuki harus siap membuat mobil listrik karena kalau tidak pabrikan berlogo S ini akan ketinggalan dari merek lain.

"Memang investasi kita besar di bahan bakar bensin dan disel ya, ya mau nggak mau kita harus berubah, harus melakukan adaptasi, yang saya bilang tadi kalau tidak bisa mengubah ya kita binasa intinya kan begitu, jadi mau tidak mau kita harus siap," kata Setiawan.

Namun untuk lebih jelasnya Setiawan masih belum bisa berkomentar banyak. "Intinya kalau mau tetap hidup harus ikut. Tujuannya kan baik sebenarnya mau kendaraan listrik, mau hybrid, apapun tujuannya adalah bagaimana kita mengurangi bahan bakar fosil," pungkasnya.



Pabrik Suzuki di Cikarang saat ini memproduksi powertrain (mesin dan transmisi) dan assembly production. Di pabrik Suzuki ke-4 ini, juga merakit Ertiga seluruh tipe, untuk pasar domestik dan mesin New Ertiga (K14B/1.400 cc), serta Karimun Wagon R (K10B/1.000 cc). Lambat laun, berbagai kendaraan Suzuki akan diproduksi di pabrik Suzuki ke-4 ini. (khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed