Rabu, 07 Mar 2018 10:24 WIB

Ada Wuling, Harga Mobil Bekas Avanza dan Xenia Turun

Ruly Kurniawan - detikOto
Jual Beli Mobil Bekas di WTC Mangga Dua. Foto: Citra Fitri Mardiana Jual Beli Mobil Bekas di WTC Mangga Dua. Foto: Citra Fitri Mardiana
Jakarta - Tidak hanya menampar mobil baru yang dipasarkan, Wuling juga rupanya sedikit banyak mempengaruhi alur penjualan kendaraan bekas. Bukan tingkat transaksinya, kehadiran Wuling mempengaruhi harga jual dari kompetitornya seperti Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia.

Disebutkan Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, penurunan harga mobil bekas MPV sejuta umat tersebut merosot sampai 30 persen.



"Sebenarnya ini tidak mengganggu tingkat transaksi kita (bursa-Red), tapi mengganggu pemilik mobil serupa (MPV) yang lama, yang punya Xenia dan Avanza. Mereka nyungsep itu harganya, tergerus. Harganya turun 20 sampai 30 persen," katanya kepada wartawan di Jakarta.



"Kalau Veloz tahun 2015, misalkan, pakai harga lama sekitar Rp 170 jutaan, ya mending beli Xpander. Misal lagi, Avanza atau Xenia 2010, orang ya mending beli Wuling dong. Mobil baru, bro. Dan itu sudah di garansi, leasing pun mau menerima (pembeliannya-Red). Begitu kan konsumen. Nah jadi yang mendapatkan dampak itu para pemilik mobil lama dan APM (Agen Pemegang Merek)-nya pasti. Kalau kita sebagai bursa tidak, malah enak beli mobil bekasnya jadi murah," tambah Herjanto.



Meski begitu, mobil bekas dari MPV sejuta umat dari Toyota tersebut masih diminati. Karena, menurut Herjanto, masyarakat masih cukup percaya akan merek dari Jepang itu.



"Masih banyak (yang beli-Red), dan stok juga masih ada. Karena, ini kan mobil sejuta umat ya. Peredarannya juga besar. Paling banyak yang beli di luar Jakarta," tutupnya. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed