Selain Pemotor, Pengemudi Mobil Juga Dilarang Merokok, Ini Alasannya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 01 Mar 2018 14:30 WIB
Selain Pemotor, Pengemudi Mobil Juga Dilarang Merokok, Ini Alasannya Foto: Rangga Rahardiansyah
Jakarta - Pengendara kendaraan bermotor sangat dilarang untuk merokok sambil mengemudi. Hal itu merupakan tindakan yang membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Tak cuma pemotor yang dilarang berkendara sambil merokok. Pengemudi mobil pun sangat tidak dianjurkan mengemudi sambil merokok.

Sony Susmana, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan kalau dari sisi safety, merokok sambil berkendara sangat tidak aman. Melakukan hal itu bisa membuyarkan fokus.

"Kenapa? Kalau dia sambil merokok otomatis dia nyetir cuma pakai satu tangan. Kebanyakan kalau dia ngerokok itu satu tangan yang megang rokok ditaruh di jendela, nggak mau abunya masuk ke dalam," kata Sony kepada detikOto di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (1/3/2018).

Kalau sudah nyetir dengan satu tangan, tentu sudah tidak mengindahkan keselamatan berkendara. Respons atau refleknya kurang bagus ketimbang jika kita mengemudi dengan dua tangan.

"Alasan kedua adalah faktor distraction. Begitu abunya jatuh ke dalam mobil, biasanya refleknya adalah dia bersihin ke celana atau ke mana. Itu akan mengganggu konsentrasi berkendara," sebut Sony.

"Ketiga adalah visibilitas keganggu. Kalau kena asap rokok kan perih di mata. Sebaiknya ya jangan ngerokok," sambungnya. (rgr/lth)