Kamis, 01 Feb 2018 10:14 WIB

Mobil Warna Cerah Bakal Lebih Ngetren daripada Warna Gelap

Dina Rayanti - detikOto
Mobil otonom General Motors. Foto: Istimewa Mobil otonom General Motors. Foto: Istimewa
Jakarta - Mobil dengan warna cerah biasanya sering kita temukan pada mobil-mobil super. Jarang mobil dengan produksi massal memiliki warna terang.

Namun ke depan, seiring dengan jumlah mobil tanpa sopir yang terus berkembang jumlahnya, mobil warna terang juga akan semakin banyak kita lihat di jalanan. Alasannya, sensor peta yang ada di sistem mobil otonom bernama LiDAR lebih mudah untuk mendeteksi mobil dengan warna terang.



"Saat kami melakukan tes warna, kami tahu bahwa warna terang lebih mudah dideteksi oleh sistem LiDAR," ungkap Global Color Marketing Manager Axalta Coating System Nancy Lockhart.

Tapi saat ini para pengembang sistem teknologi mobil tanpa sopir sedang mengembangkan teknologi yang bisa mendeteksi warna gelap agar bisa terdeteksi sistem navigasi.

Sembari teknologi tersebut dikembangkan, dalam beberapa tahun ke depan kita akan melihat mobil tanpa sopir memiliki warna putih atau perak agar lebih aman di jalan.

Perusahaan pengecatan mobil juga diminta membuat cat yang bagus. Dalam arti jika mobil terkena kotoran, maka kotoran tersebut mudah dihilangkan tanpa menghilangkan warna cat. Karena kalau tidak, bisa saja mobil justru salah menangkap sensor karena mobil dianggap berubah warna. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed