Jumat, 12 Jan 2018 14:19 WIB

Ini Dia Mobil Teraman Sepanjang Tahun 2017

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Dina Rayanti Foto: Dina Rayanti
Brussels - Bukan hanya pertarungan mobil baru saja yang cukup ketat di 2017, tahun tersebut juga merupakan hari-hari tersibuk bagi European New Car Assessment Programme (Euro NCAP). Mulai dari awal bulan, hampir 70 mobil yang masuk ruangan uji untuk melakukan serangkaian tes keamanan. Dari puluhan mobil yang menjalani tes tersebut hanya satu kendaraan yang mendapatkan mahkota dari Euro NCAP yakni Volvo XC60 generasi kedua.

Volvo memang sebelumnya dikenal sebagai salah satu mobil tercanggih dan teraman di industri otomotif. Maka tak cukup mengagetkan bahwa generasi terbaru dari XC60 mencetak mobil baru teraman di 2017. Penorehan tersebut tercatat dari angka masing-masing kategori pengujian yang dikeluarkan oleh Euro NCAP yakni 98% di kategori Adult Occupant dan 95% alam hal Safety Assist.

Produsen 'mobil ningrat' itu pun cukup puas oleh torehannya. Malin Ekholm, Wakil Presiden Volvo Cars Safety Center berjanji bahwa pada tahun 2020 nanti Volvo akan memproduksi mobil yang tidak akan mencederai orang baik yang berada dalam kabin kendaraan maupun diluar (sebagai korban) ketika terjadi kecelakaan.

"Pada tahun 2020 tidak ada yang harus terbunuh atau terluka parah di mobil Volvo baru," katanya.

Volvo sebenarnya adalah pembuat mobil pertama yang mengklaim posisi teratas dalam tiga tes Autonomous Emergency Braking (AEB) Euro NCAP (city, inter-uran, pedestrian) dimana XC60, S90, dan V90 unggul dengan mendapatkan nilai sempurna. Mereka (S90 dan V90) mendapatkan rating 95% dalam kategori Adult Occupant dan 93% di kategori Safety Assist.

Maka tak heran ya Otolovers bila Volvo menjadi salah satu mobil yang harganya buat tipis dompet. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed