Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 01 Januari 2018, 11:23 WIB

Mengintip Kiprah Mobil Korsel di Antara Mobil Jepang di Indonesia

Dina Rayanti - detikOto
Mengintip Kiprah Mobil Korsel di Antara Mobil Jepang di Indonesia Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Bukan rahasia lagi jika pabrikan mobil Jepang cukup mendominasi penjualannya di Indonesia. Padahal tak hanya produsen mobil Jepang saja yang menawarkan mobilnya disini.

Ada juga dari Jerman yang identik dengan mobil-mobil premium, ada juga mobil buatan China dengan harga murahnya serta mobil buatan negeri Ginseng Korea Selatan Otolovers.

Namun rasanya dominasi mobil buatan Jepang di Indonesia masih sulit untuk ditandingi. Jika melihat data penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), perbedaan angka penjualan antara mobil buatan Jepang dan Korea Selatan cukup signifikan.

Foto: M luthfi Andika

Misalnya saja membandingkan penjualan Toyota dengan Hyundai dan Kia. Sepanjang Januari hingga November 2017, Toyota berhasil menjual 347.626 unit mobil. Sementara hyundai hanya 1.200 unit dan Kia hanya 810 unit.

Begitupun juga dengan merek Jepang lain seperti Honda. Periode Januari hingga November kemarin bisa melego 171.574 mobil baru di Tanah Air.

Baru-baru ini justru mobil asal China kembali meramaikan jalanan-jalanan Tanah Air. Merek-merek tersebut pastinya menjadi pilihan terbaru bagi masyarakat. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed