Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 04 Oktober 2017, 16:59 WIB

Indonesia Belum Bisa Larang Mobil Bensin dan Diesel Demi Listrik

Dina Rayanti - detikOto
Indonesia Belum Bisa Larang Mobil Bensin dan Diesel Demi Listrik Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Mobil listrik saat ini menjadi fokus di beberapa negara. Seperti di negara-negara maju kawasan Amerika dan Eropa mobil listrik sudah mulai dijual ke pasaran. Bahkan untuk menaikkan penjualan mobil listrik ada insentif yang diberikan beserta dengan rencana pelarangan menjual mobil berbahan bakar konvensional seperti bensin dan diesel.

Meskipun pemerintah Indonesia turut memprioritaskan mobil listrik untuk dikembangkan namun tak ingin mengikuti langkah negara-negara Eropa dengan melarang jualan mobil diesel dan bensin.

Menurut Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Rizwan Alamsjah, Indonesia tak berkiblat pada Eropa dalam meningkatkan penjualan mobil listrik dengan melarang jualan diesel dan bensin.

"Oh nggak, nggak sejauh itu," jelas Rizwan di Bekasi.

Rizwan menambahkan pemerintah Indonesia justru tak ingin ketinggalan dengan Thailand yang telah terlebih dahulu berjualan mobil listrik dan hybrid serta fasilitas pengecasannya.

"Pemerintah Indonesia tuh nggak mau ketinggalan dengan Bangkok karena Bangkok sudah mulai mempersiapkan industri otomotif yang listrik," ungkap Rizwan.

Tetapi Thailand bisa dibilang selangkah lebih maju karena mobil listrik dan juga hybrid sudah mulai dijual di sana walaupun tempat pengecasan masih tersedia dalam jumlah yang minim. Pada 2015 misalnya, penjualan mobil listrik dan hybrid di Thailand menyumbang sekitar 1 persen dari total penjualan mobil di Negeri Gajah Putih itu. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +