Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 03 September 2017, 13:13 WIB

AC Bermasalah, Suzuki Karimun Estilo Di-recall

Rangga Rahadiansyah - detikOto
AC Bermasalah, Suzuki Karimun Estilo Di-recall Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Anda pemilik Suzuki Karimun Estilo? Anda disarankan untuk meng-update komponen AC mobil Anda di bengkel resmi Suzuki demi kenyamanan.

Di grup Facebook Karimun Club Indonesia, pengurus Karimun Club Indonesia mem-posting informasi soal recall Suzuki Karimun Estilo. Ada bagian AC yang harus diganti komponenennya.

"Kepada rekan2 pemilik Karimun Estilo (member maupun non-member), seperti diketahui ada part yang dari pabrik harus di-recall, yaitu resistor blower AC. Untuk itu kami mengingatkan, bahwa penggantian komponen ini sepenuhnya GRATIS," tulis pengurus Karimun Club Indonesia di grup Facebook itu.

Hal itu dibenarkan oleh Head of Service Suzuki Indomobil Sales Riecky Patrayudha. Namun, dirinya menegaskan bahwa ini bukan recall yang berhubungan dengan masalah safety.

"Sebenarnya bukan recall, itu sebenarnya part update. Kalau tidak dipakai pun tidak masalah. Tapi potensinya kalau tidak diperbaiki AC-nya tidak terlalu dingin. Jadi bukan recall yang berpengaruh untuk safety, pengaruhnya lebih banyak ke kenyamanan," kata Riecky saat dikonfirmasi detikOto melalui sambungan telepon, Minggu (3/9/2017).

Dia juga menyebut, komponen AC tersebut bukan rusak. Masalahnya ada pada spesifikasi yang tidak sesuai dengan kondisi dan temperatur di Indonesia.

"Bukan masalah di blower-nya sebenarnya. Cuma di sensor temperaturnya, karena itu terpakai terus untuk sirkulasi segala macam kalau misalnya lama kelamaan dia kena debu segala macam, nempel akhirnya nggak sensitif terhadap perubahan suhu. Jadi walaupun sudah diset paling dingin, tetap dia nggak naik-naik (tidak dingin) karena dia bacanya masih dingin. Resistor blower itu kan pengaruhnya ke sensor suhunya untuk cut off evaporator-nya. Jadi kita harapkan sih kalau bisa kita ganti saja semuanya dengan yang sesuai dengan iklim dan temperatur di Indonesia," ucap Riecky.

Riecky juga mengakui bahwa banyak pemilik Karimun Estilo yang mengeluhkan hal itu. Karenanya, Suzuki memutuskan untuk memperbaiki seluruh Karimun Estilo di Indonesia.

"Sebenarnya kalau customer datang ke bengkel kita langsung ganti kok, sebentar. Di database kita banyak yang mengeluhkan ini. Jadi kita putuskan (ganti komponen) dengan desain baru yang bisa lebih antisipasi masalah kotoran segala macam di dalam blower," kata Riecky. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed