Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 11 Juli 2017, 10:46 WIB

Ditutup, Pabrik dan Peralatan Toyota di Australia Dilelang

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ditutup, Pabrik dan Peralatan Toyota di Australia Dilelang Foto: Reuters
Melbourne - Toyota pada tahun ini akan menghentikan produksi mobil di Australia. Mulai Oktober tahun ini, Toyota Australia tak lagi memproduksi mobil di pabrik Altona di Australia.

Mengingat pabrik tersebut akan ditutup, Toyota pun melelang pabrik beserta peralatannya. Diberitakan Motoring, rumah lelang GraysOnline ditugaskan oleh Toyota Australia untuk mengawasi penjualan pabrik produksi dan mesin produksi di fasilitas pabrik Altona.

Adapun yang dilelang termasuk Aluminium Casting, Furnaces (tungku), Engine Line Machining, Assembly, Robotic Automation, Presses, Testing, Travelling Gantry Cranes dan Plant Services.

Pihak yang berminat perlu mendaftar ke juru lelang. Mereka bisa mengajukan penawaran pada peralatan pabrik itu sampai 3 Oktober mendatang.

Pabrik Altona akan berhenti membangun Toyota Aurion di bulan Agustus, Camry Hybrid di bulan September dan Camry bermesin bensin di bulan Oktober.

Toyota sudah memproduksi mobil selama lebih dari 50 tahun di Australia. Keputusan berat itu harus diambil karena Toyota menganggap memproduksi mobil di Australia tidak kompetitif karena banyak hal, salah satunya adalah faktor nilai tukar.

Meski tidak lagi memproduksi mobil di Australia, Toyota tetap ada di negeri Kanguru tersebut meski statusnya hanya menjadi distributor saja. Jumlah pekerja pun akan menyusut dari 3.900 orang menjadi 1.300 orang.

Dengan mundurnya Toyota, berarti tidak ada satu pun pabrikan yang memproduksi mobil di Australia, karena sebelumnya GM dan Ford juga memutuskan untuk menghentikan operasi mereka di Australia. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed