Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 21 April 2017, 09:51 WIB

Meski Pajaknya Diturunkan, Mobil Sedan Tak Bisa Susul MPV

Dina Rayanti - detikOto
Meski Pajaknya Diturunkan, Mobil Sedan Tak Bisa Susul MPV Foto: Dina Rayanti
Tangerang - Mobil di segmen sedan di Indonesia dulu sempat menjadi primadona. Namun semakin hari mobil tersebut peminatnya terus berkurang. Pasar mobil di Indonesia kini lebih akrab dengan mobil berkapasitas 7 penumpang atau mobil MPV.

Pertengahan tahun lalu Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengusulkan agar pemerintah menurunkan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) sedan kecil. Ini diwacanakan agar segmen sedan kembali hidup lagi di Indonesia sehingga ke depannya mobil yang dibuat di Indonesia bisa bersaing di kancah global.

Namun, menurut Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, jika nantinya PPnBM diturunkan pun, tidak bakalan begitu saja membuat penjualan sedan menjadi meningkat.

"Nggak bisa recovery cepat. Itu sih pasti nggak mungkin, perlu waktu yang panjang dan lama," kata Jonfis di The Spoke Alam Sutera, Tangerang, Kamis (20/4/2017).

Ia menambahkan, salah satu alasan Honda masih bertahan dengan model sedan karena sedan merupakan model pertama yang diluncurkan Honda dan menjadikannya ujung tombak penjualannya.

"Bagi kami sedan itu dulu mobil pertama kami membuat konsumennya percaya pada produk Honda. Kenapa model penting, kalau dia sukses kan berarti konsumen percaya," tambah Jonfis.

"Sekarang waktu kita luncurkan produk first car lagi konsumen bisa terima lagi, jadi itu penting untuk bisa di maintain dengan baik. Cuma ditanya sekarang apakah sedan bisa balik lagi jualan seperti MPV ya nggak mungkin, secara kultural susah udah seperti itu," sambung Jonfis. (dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed