Jumat, 24 Mar 2017 14:08 WIB

Sudah 95%, Pabrik Esemka Belum Bisa Produksi Mobil Tahun Ini

Bayu Ardi Isnanto - detikOto
Foto: Bayu Ardi Isnanto Foto: Bayu Ardi Isnanto
Boyolali -

Pabrik mobil Esemka di Boyolali pembangunannya sudah mencapai 95 persen. Namun meskipun sudah 100 persen, pabrik belum bisa memproduksi mobil.

Saat ini, pembangunan masih memasuki tahap I. Menurut penanggung jawab proyek dari PT Ghewantika Kontruksi yang tidak mau disebutkan namanya, pabrik sudah dalam tahap finishing. "Tahap I sudah 95 persen," jawabnya singkat, Jumat (24/3/2017).

Namun, menurutnya, ketika sudah 100 persen, pabrik juga belum bisa mulai beroperasi. "Masih ada tahap II," katanya. Dia pun tidak merinci apa saja pekerjaan pada tahap II. "Mungkin tahun depan selesai," ujarnya.

Pantauan detikcom, hanya ada sedikit aktivitas di pabrik yang terletak di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali itu. Puluhan pekerja bangunan melakukan kegiatan, antara lain pengecatan.

Pada bagian depan, bangunan dicat dengan warna merah pada atap, dan putih pada dindingnya. Bendera merah putih juga tampak dipasang di depan.

Terdapat dua bangunan di pabrik tersebut. Bagian depan digunakan sebagai showroom. Sedangkan bagian belakang, yang ukurannya jauh lebih luas, digunakan sebagai tempat perakitan. Pabrik mulai dibangun sekitar 1,5 tahun yang lalu. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Toyota Merek Mobil Paling Bernilai

    Toyota Merek Mobil Paling Bernilai

    Rabu, 20 Jun 2018 08:19 WIB
    Toyota menduduki peringkat pertama sebagai merek mobil yang paling bernilai. Produsen asal Jepang ini ditaksir memiliki nilai seharga USD 29,9 miliar.
  • Mercy Uji SUV Listrik

    Mercy Uji SUV Listrik

    Rabu, 20 Jun 2018 08:11 WIB
    Mercedes-Benz mulai menjajal performa mobil listrik EQC di jalanan yang cukup ekstrem. Crossover EQC dites di sebuah tempat di Iberia, Spanyol.
  • Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 20:43 WIB
    Produsen mobil mewah Jerman, Audi, menunjuk Abraham Schot sebagai pengganti CEO Rupert Stadler yang ditahan oleh Kejaksaan Munich.
  • Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Selasa, 19 Jun 2018 19:18 WIB
    Kapten Timnas Inggris, Harry Kane, menjadi pahlawan buat Inggris. Bicara soal mobil, si kapten rupanya suka mobil keluarga, atau mobil SUV.
  • Kursi Bambu Pemudik Motor

    Kursi Bambu Pemudik Motor

    Selasa, 19 Jun 2018 17:19 WIB
    Meski tidak disarankan, pemudik masih banyak yang menggunakan motor. Agar lebih nyaman mudik, mereka memodifikasi motornya.