Rabu, 04 Jan 2017 11:26 WIB

Ikuti Kata Trump, Ford Batal Buat Pabrik Meksiko

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Francois Lenoir/Reuters Foto: Francois Lenoir/Reuters
Detroit - Belum juga dilantik, namun 'titah' Presiden terpilih Amerika Donald Trump sepertinya sudah dipatuhi Ford. Produsen mobil Amerika itu membatalkan niat mereka untuk membangun pabrik senilai US$ 1,6 miliar di Meksiko.

Sebagai gantinya Ford malah memperluas pabrik di Michigan senilai US$ 700 juta yang akan membuka 700 lapangan kerja. Seperti diberitakan detikOto sebelumnya, pabrik ini akan membangun mobil listrik, hybrid dan mobil otonom.

Meski ada kritikan dari Trump sebelumnya, CEO Ford Mark Fields mengatakan keputusan pembatalan pabrik Meksiko bukan karena Trump terpilih jadi presiden. Fields mengatakan ada penurunan permintaan mobil kecil di Amerika Utara. Kepada Fox Business seperti dilansir dari Reuters, Fields mengatakan kalau pun Trump tidak terpilih jadi presiden, Ford tetap akan membatalkannya.

Trump semasa kampanyenya sering mengkritik produsen mobil yang akan membangun pabrik di Meksiko, dia berjanji tidak akan membiarkan produsen mobil membangun pabrik di Meksiko dan akan memberlakukan tarif yang mahal pada mobil-mobil yang diproduksi di Meksiko.

Selain Ford, Trump juga mengancam akan menerapkan 'pajak perbatasan' bagi GM karena GM memproduksi Chevrolet Cruze di Meksiko.

Chairman Ford Bill Ford Jr. sudah melaporkan pembatalan pabrik itu kepada Trump. Keputusan pembatalan pabrik di sisi lain dipengaruhi oleh kebijakan Trump yang akan menurunkan tarif.

Trump pun sepertinya terlihat senang dengan keputusan Ford itu, dia membagi link berita Fox di akun twitternya.


(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed