Goda Kaum Muda China, Pabrikan Ini Tawarkan Mobil Balap Versi Jalan Raya

Arif Arianto - detikOto
Senin, 15 Feb 2016 19:05 WIB
China Daily
Liverpool -

Pabrikan otomotif asal Liverpool, Inggris BAC Mono akan meluncurkan mobil sport versi jalan raya di China dalam waktu dekat ini. Kehadiran mobil itu untuk memenuhi keinginan kalangan eksekutif muda di sejumlah kota besar di negara tersebut.

Seperti dilaporkan China Daily News, Senin (15/2/2016), dua bersaudara pemilik BAC, Neill dan Ian Briggs, mengatakan mobil itu berkecepatan 274 kilometer per jam. Akselerasi 0-100 km/jam dicapai dalam waktu 2,8 detik.

Bulan lalu, mobil ini telah menjajak jalanan Hong Kong. Sedangkan di China daratan, mobil itu bakal diluncurkan di Beijing atau Shanghai.

Mobil yang dibanderol US$ 235.000 atau sekitar Rp 3,18 miliar itu, hanya dibuat 50 unit per tahun. Namun harga bisa berlipat jika pembeli menginginkan lebih banyak aksesoris yang bersifat custom.

Proses produksinya membutuhkan waktu seminggu. Ini berbeda dengan mobil biasa atau mobil sport pada umumnya yang proses produksinya hanya beberapa jam.
Sedangkan masa tunggu bagi pembeli mencapai 14 bulan. Maklum, sebagian besar bagian mobil itu dirakit secara manual alias ‘hand made’.

Neill Briggs yang merupakan Co-founder dan sekaligus direktur pengembangan produk mengatakan, tengah mencari waktu yang pas untuk meluncurkan mobil itu di China. Kemungkinan besar akhir Maret mendatang.

“Saat ini kami sedang mencari waktu dan lokasi di Beijing dan Shanghai. Rincian lokasi saat ini sedang difinalisasi,” ucapnya,

Memang, lanjut Neill, tantangan yang dihadapi pihaknya bukan sekadar promosi dan meyakinkan calon pembeli, tetapi juga masalah peraturan di negara tujuan pemasaran.

“Tantangan utama yang kita miliki di Cina adalah untuk mendapatkan statusnya sebagai mobil balap untuk di jalan umum,” kata dia

(arf/arf)