Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 15 Desember 2015, 10:32 WIB

Polusi Udara Tinggi, New Delhi Berniat Larang Mobil Diesel Beroperasi

Arif Arianto - detikOto
Polusi Udara Tinggi, New Delhi Berniat Larang Mobil Diesel Beroperasi REUTERS
New Delhi - Mahkamah Agung India meminta pengadilan lingkungan negeri itu untuk melarang pengoperasian mobil diesel. Soalnya, tingkat polusi di ibu kota negara itu, New Delhi, sudah dalam tingkat mengkhawatirkan.

Seperti dilaporkan Reuters, pelarangan pendaftaran mobil diesel baru diberlakukan sampai 6 Januari. Selama ini di India, mobil diesel menjadi populer dibanding mobil bensin karena harganya lebih murah. Namun ternyata polusi menjadi lebih parah.

Namun, larangan itu tidak serta merta berlaku dan melarang secara total. Pada hari-hari tertentu, mereka masih boleh melintas di jalan dengan giliran berdasar pelat nomor ganjil atau genap. Larangan itu diharapkan sudah berlaku pada 1 Januari 2016 mendatang.

Kebijakan seperti itu sudah pernah diperkenalkan sebelum 1989 di sejumlah negara-negara komunis. Sementara, seperti dikutip BBC, seorang pejabat mengatakan, pemerintah kota akan menyediakan bus gratis kepada pemilik mobil diesel yang tak bisa mengendarai mobilnya akibat larangan tersebut.

Menurut laporan lembaga terkait di India, polusi udara di negeri itu telah menyebabkan 600.000 orang meninggal di usia muda.

Sebagai gambaran, pada awal bulan lalu, yakni di saat digelar festival Hindu, Diwali, polusi udara di New Delhi mencapai 40 kali ambang batas yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Namun, New Delhi bukanlah satu-satunya kota di India yang tingkat polusi udara yang tinggi. Seperti diketahui dari 20 kota yang udaranya paling tercemar, 13 kota berada di India.  

(arf/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed