Kamis, 12 Nov 2015 16:39 WIB

Toyota: Kijang Innova Konsumsi BBM Lebih Irit 10 Persen

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mesin bensin dan diesel anyar Kijang Innova
Tokyo -

Salah satu kelemahan Kijang Innova adalah konsumsi BBM yang dirasa boros oleh pengguna mobil. Dalam pengujian detikOto, Kijang Innova paling bagus konsumsi BBM-nya sebesar 9 km per liter. Namun dengan mesin, transmisi, sasis terbarunya, mobil dianggap lebih irit BBM.

“Perbaikannya mencapai 10 persen baik diesel maupun bensin,” ujar Managing Officer Toyota Motor Corporation Hiroki Nakajima ketika ditanya detikOto soal konsumsi BBM Kijang Innova.

Hal itu disampaikan Nakajima saat ramah tamah dengan kalangan media Indonesia di Happo en, Tokyo, Jepang.

Untuk memenuhi standar emisi pun, Toyota melakukan perubahan pada mesin dengan down size, mengurangi kapasitas mesin pada mesin diesel. Jika model lama kapasitas mesinnya 2.500 cc maka di model baru hanya 2.400 cc atau tepatnya 2.393 cc.

“Pastinya hal itu untuk memenuhi ketentuan masing-masing negara dalam mengurani emisi. Jadi kami ingin memperkenalkan mesin yang cocok yang terbaik di masing-masing pasar,” ujar bos dari seluruh insinyur Toyota yang sekaligus menjadi salah satu tangan kanan Presiden Toyota, Akio Toyoda ini.

Pada mesin diesel, driving performancenya diperbaiki karena mesin ini memiliki torsi yang tinggi pada putaran mesin yang rendah. “Sangat mudah untuk berakselerasi jadi feelingnya lebih bagus,” ujarnya.



(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com