10 Pabrikan Siap Jadikan Rem Otomatis Sebagai Fitur Standar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 14 Sep 2015 10:28 WIB
dok GM
Washington - Setidaknya 10 pabrikan mobil menyetujui keputusan untuk menjadikan sistem pengereman darurat otomatis sebagai fitur standar di Amerika Serikat. Pemerintah di Negeri Paman Sam itu telah merekomendasikan teknologi itu untuk kendaraan terbaru.

Seperti diberitakan Leftlanenews, Senin (14/9/2015), meski sudah direkomendasikan oleh pemerintah, saat ini belum ada regulasi baru yang mengharuskan pabrikan mobil merekomendasikan pengereman darurat otomatis.

Meski begitu, produsen mobil secara sukarela mengadakan perundingan dan telah menyetujui dengan bekerja sama untuk menjadikan pengereman darurat otomatis sebagai fitur standar. Produsen mobil yang menyetujui penggunaan sistem itu adalah General Motors (GM), Audi, BMW, Ford, Mazda, Mercedes-Benz, Tesla, Toyota, Volkswagen dan Volvo.

"General Motors mendukung panggilan untuk sukarela perjanjian fitur keamanan yang akan membuat fitur forward collision warning dan pengereman darurat otomatis sebagai fitur standard pada kendaraan ringan," kata GM dalam sebuah pernyataan.

Namun, perusahaan seperti Fiat Chrysler Automobiles, Honda, Hyundai, Kia, Nissan, Jaguar Land Rover, Mitsubishi dan Subaru masih belum mengumumkan penggunaan pengereman otomatis sebagai fitur utamanya.

"Kami sedang memasuki era baru dalam keamanan kendaraan, difokuskan untuk mencegah kecelakaan, bukan hanya melindungi pengendara maupun penumpangnya saat terjadi kecelakaan. Tapi, kalau teknologi seperti pengereman darurat otomatis hanya tersedia sebagai pilihan atau model yang paling mahal, terlalu sedikit orang Amerika yang memanfaatkan era baru ini," ujar Menteri Transportasi AS, Anthony Foxx.

Insurance Institute for Highway Safety menyebut, fitur pengereman darurat otomatis bisa mengurangi cedera hingga 35 persen.



(rgr/ddn)