Kamis, 30 Jul 2015 14:21 WIB

Motor Roda Tiga Elektrik untuk Legenda MotoGP Wayne Rainey

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jakarta - Masih ingat dengan Wayne Rainey? Yup, dia adalah legenda GP500 (cikal bakal MotoGP) yang telah menjuarai 500cc World Champion beberapa kali. Tapi, kini dia mengalami kelumpuhan akibat kecelakaan hebat di tahun 1993.

Kini, seperti diberitakan Ride Apart, Kamis (30/7/2015), dia memiliki kendaraan roda tiga yang dibuat kustom khusus untuk mobilitasnya. Kendaraan roda tiga ini didapatkannya dari rekan sesama legenda balap motor dunia, Kenny Roberts.

"Aku mendapatkannya sekitar sebulan yang lalu. Dia (Roberts) mendapatkannya dari sebuah perusahaan di Jepang yang merupakan penggemar saya dan mereka memiliki bengkel, sehingga mereka merancang dan membuatnya untuk aku," cerita Rainey.

Uniknya, kendaraan roda tiga ini menggunakan empat buah baterai lithium. Baterai tersebut memungkinkan kendaraan roda tiga ini mampu menjelajah jarak 30 mil atau sekitar 48 km dengan kecepatan sekitar 30 mil per jam (48 km/jam).

"Ini cukup ringan (karena terbuat dari aluminium). Ini memiliki tiga buah roda dengan rem cakram, penggerak roda depan, dan ini menggunakan tenaga listrik yang benar-benar senyap," katanya.

Sejauh ini, dia tidak menggunakan kendaraan roda tiga ini terlalu jauh. Menurutnya, ia hanya menggunakan di sekitar trek balap di dalam pit mengingat Rainey sekarang masih berkecimpung di balik layar dunia balap. Dia mengaku tidak memiliki rencana untuk menggunakannya di tempat lain.

Untuk diketahui, nama Rainey sudah melegenda di dunia balap motor. Pada puncak kariernya, dia memperoleh tiga kejuaraan 500cc berturut-turut dengan tunggangannya, Marlboro Roberts Yamaha di tahun 1990 sampai 1992. Tapi, di tahun 1993 karier Rainey harus terputus karena kecelakaan fatal di GP Italia di Misano kala itu.

Kejadian tersebut mengakibatkan tulang punggungnya patah. Karenanya, sampai sekarang area dada ke bawah Rainey lumpuh.

Sejak saat itu, Rainey enggan lepas dari dunia motor atau balapan. Dia pernah balapan Superkarts dengan menggunakan motor yang dikendalikan tangan di seri balap World SuperKart di California. Dia juga terlibat dalam balapan road racing Amerika Serikat dengan menjabat sebagai presiden MotoAmerica.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed