Jumat, 15 Mei 2015 07:57 WIB

Airbag Diduga Bermasalah, Toyota dan Nissan Tarik 6,5 Juta Mobil

- detikOto
Jakarta - Raksasa otomotif Jepang, Toyota Motors Corporation, menarik 6,5 juta mobil di berbagai negara di dunia karena airbag Takata yang bermasalah. Dari jumlah itu, 1,56 juta unit adalah mobil buatan Nissan Motors Company.

Seperti dilaporkan BBC, Jumat (15/5/2015), mobil Toyota yang masuk dalam daftar penarikan itu antara lain Toyota Corolla dan Toyota Vitz ( Yaris). Total ada 35 model yang ditarik.

Mobil tersebut dibuat pada Maret 2003 dan November 2007. Kedua pabrikan menegaskan, penarikan itu lebih bersifat investigasi dan perbaikan, dan tidak ada kecelakaan dan korban akibat masalah tersebut.

Toyota menyebut, dari total jumlah mobil yang ditarik 1,36 juta unit berada di Jepang. Sisanya, berada di berbagai belahan dunia.

Baik Toyota maupun Nissan menyebut, langkah itu merupakan antisipasi dari kemungkinan terjadinya malasah akibat airbag. Maklum, airbag Takata telah terbukti bermasalah dan telah menyebabkan enam kematian dari pengguna mobil Honda.

Akibat penumuman penarikan yang dilakukan Toyota dan Nissan itu, Honda Motors dikabarkan juga bersiap-siap melakukan penarikan lagi terhadap mobilnya yang menggunakan airbag itu. Sebelumnya jutaan unit mobil Honda telah ditarik karena masalah airbag tersebut.

Bahkan, yang terbaru, pada Maret lalu Honda menarik 100.000 unit mobil di Amerika Serikat terkit masalah tersebut. Penarikan mobil yang dilakukan 10 produsen sejak 2008 lalu terkait airbag Takata yang bermasalah, telah mencapai 25 juta unit.

(arf/arf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com