Senin, 15 Des 2014 08:06 WIB

Fun Rally and Coaching Clinic Avanza

Avanza dari Masa ke Masa

- detikOto
Bandung - Mobil MPV Toyota Avanza per bulan Desember ini tepat berumur 11 tahun. Untuk merayakan ultah mobil terlaris di Indonesia, Toyota sejak awal tahun sudah menggelar berbagai event seperti Avanza Pop You Up, Avanza Garage dan Avanzanation Journey 2014.

Bagaimana sebenarnya awal mula Toyota memproduksi Avanza hingga menjadi mobil terlaris di Indonesia?

Diawali dengan krisis moneter tahun 1998 yang membuat harga kendaraan di Indonesia melambung tinggi. Saat itu sebenarnya Toyota sudah memiliki andalannya, yakni Kijang. Namun karena krisis moneter, harga Kijang makin menggila.

Sadar dengan hal itu, Toyota pun kemudian menghadirkan Avanza dengan kapasitas 7 penumpang dengan harga di bawah Rp 100 juta saat pertama kali diluncurkan.

Berikut beberapa milestone Avanza di Indonesia seperti dipaparkan Toyota:

Desember 2003 Avanza generasi pertama diluncurkan

2006: Perubahan pertama Avanza (minor change atau perubahan ringan), Avanza kini mengusung mesin VVT-i dengan eksterior dan interior terbaru. Tahun ini juga Toyota memperbaiki kenyamanan berkendara Avanza gen 1.

2008: 2 tahun berselang, Toyota mempermak lagi Avanza, dengan perubahan pada desain interior dan eksterior.

2009: Toyota menambahkan varian Avanza, yakni 1.3 G otomatis

2010: Toyota menambahkan varian Avanza 1.3 otomatis

2011: Toyota memperkenalkan generasi kedua Avanza. Di tahun ini juga Veloz diperkenalkan. Varian baru yakni 1.5 Veloz otomatis dan manual serta tambahan 1.5 G manual

2013: Toyota mempermak Avanza generasi kedua dengan penambahan fitur keselamatan seperti airbag. Toyota pun memperbaiki kenyamanan khususnya pada jok dan mengurangi kebisingan di dalam kabin Avanza.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com