Jumat, 20 Jun 2014 15:07 WIB

Indonesia Jadi Basis Produksi Otomotif untuk Ekspor

- detikOto
Jakarta - Dalam hal ekspor komponen atau kendaraan, Toyota Indonesia mendominasi sebesar 60 persen. Harapannya, selain Toyota merek-merek lainnya juga turut serta dalam melakukan ekspor.

Menteri Perindustrian, M.S Hidayat mengatakan Indonesia memiliki potensi yang besar untuk masalah ekspor komponen atau kendaraan. Sehingga kedepannya, Indonesia bisa besar di ekspor kendaraan.

"Cita-cita kami menjadikan Indonesia negara untuk basis produksi bagi tujuan ekspor dan bukan hanya kepentingan domestik saja," kata Hidayat di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Sunter Plant 1, Jakarta, Jumat (20/6/2014).

Dilanjutkannya, program lokalisasi komponen atau produk juga harus terus berjalan. Sekarang ini pemerintah terus memonitor agar SDM maupun komponen industrinya dari kuartal 1,2 dan 3 itu berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

"Industri otomotif merupakan industri yang cukup potensial. Kami memiliki target besar agar industri otomotif Indonesia menjadi unggulan," lugasnya.

Untuk ekspor di sektor otomotif, menurut Hidayat Toyota mendominasi sebesar 60 persen dari total ekspor mobil, baik CKD maupun CBU.

Hal ini juga memberikan sumbangan kepada devisa negara maupun branding bahwa Toyota Indonesia dengan produk-produk seperti Innova, dan sebagainya dibuat dan di esain di Indonesia.

"Ke depannya kita bikin sendiri dengan brand yang berbeda," tuntasnya.



(ady/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com