Kamis, 14 Nov 2013 11:05 WIB

Produsen Mobil Diminta Dahlan Iskan Pakai Suku Cadang Lokal

- detikOto
Jakarta - Menteri BUMN, Dahlan Iskan mengaku kalau industri otomotif nasional terus tumbuh dengan pesat. Oleh karena itu, ia menginginkan kalau industri suku cadang lokal ditingkatkan agar semua mobil yang dirakit disini bisa menggunakan produk lokal.

"Kita ingin berkembangnya industri suku cadang mobil yang semakin besar di Indonesia. Karena kita tahu krisis di Indonesia ini itu akibat impor kita yang terlalu besar," kata Dahlan tadi malam di sela-sela pengumuman mobilmotor Indonesian Car of the Year (ICOTY) 2013 di Hotel Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut Dahlan menjelaskan peran yang paling utama adalah masalah impor BBM yang sangat-sangat besar, dan kedua impor suku cadang. Kedua-duanya itu menjadi peran besar buat defisit Indonesia.

"Itu yang membuat rupiah kita melemah dan terjadilah seperti sekarang ini seperti dolar naik dan segala macamnya yang juga mempengaruhi industri otomotif nasional," lugasnya.

Dahlan berharap, semua pabrikan mobil yang memiliki pabrik perakitan di Indonesia agar bisa memanfaatkan atau menggunakan suku cadang yang dirakit secara lokal.

"Suku cadang itu tidak perlu diambil dari negara lain, kita punya potensi besar. Mari sama-sama kita tingkatkan industri dalam negeri kita," kata Dahlan.



(ady/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com